Di era digital ini, iklan Facebook menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling efektif untuk menjangkau target audiens yang luas. Dimana lebih dari 198,3 juta pengguna Facebook dan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, sebelum memulai beriklan Facebook, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, dan salah satunya adalah terkait strategi anggaran.
Dalam strategi anggaran iklan Facebook yang paling populer saat ini ada 2, yaitu campaign budget optimization dan ad set budget optimization. Namun apa perbedaan antara ke 2 strategi tersebut? dan strategi apa yang lebih efektif untuk digunakan? Pada artikel ini, kita akan membahas dua strategi tersebut dan mengetahui strategi mana yang paling cocok untuk Anda.
Pengertian Campaign Budget Optimization dan Ad Set Budget Optimization
Campaign budget optimization dan ad set budget optimization adalah dua strategi anggaran iklan Facebook yang berbeda dalam hal cara mengatur anggaran iklan Anda.
Campaign budget optimization adalah strategi yang memungkinkan Facebook mendistribusikan anggaran Anda secara otomatis berdasarkan kinerja setiap set iklan. Dengan strategi ini, Facebook akan menggunakan algoritmanya untuk menentukan set iklan mana yang paling berkinerja baik, dan kemudian mengalokasikan lebih banyak anggaran ke set iklan tersebut.
Sedangkan ad set budget optimization adalah strategi yang memungkinkan Anda mengontrol anggaran untuk setiap set iklan secara manual. Dengan strategi ini, Anda dapat menentukan berapa banyak anggaran yang ingin Anda alokasikan ke setiap set iklan, dan Facebook akan mengikuti alokasi tersebut.
Perbedaan Campaign Budget Optimization dan Ad Set Budget Optimization
Campaign budget optimization dan ad set budget optimization memiliki beberapa perbedaan penting, antara lain:
Campaign Budget Optimization | Ad Set Budget Optimization | |
* Alokasi anggaran | Otomatis | Manual |
** Tingkat kontrol | Rendah | Tinggi |
*** Kemudahan pengelolaan | Mudah | Sulit |
* Alokasi anggaran : proses pendistribusian anggaran iklan ke set iklan yang berbeda. Alokasi anggaran dapat dilakukan secara otomatis atau manual.
** Tingkat kontrol : seberapa besar kendali yang Anda miliki atas bagaimana anggaran iklan Anda didistribusikan. Jika tingkat kontrol Anda tinggi, Anda memiliki lebih banyak fleksibilitas untuk menentukan bagaimana anggaran Anda digunakan.
*** Kemudahan pengelolaan : seberapa mudah Anda dapat mengelola alokasi anggaran Anda. Jika alokasi anggaran Anda mudah dikelola, Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat perubahan jika diperlukan.
Kapan Waktu yang Efektif Penggunaan Campaign Budget Optimization dan Ad Set Budget Optimization
Campaign budget optimization adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin menyederhanakan pengaturan campaign dengan memaksimalkan hasil dari anggaran yang Anda miliki. Alasannya adalah karena strategi ini menggunakan algoritma Facebook untuk mendistribusikan anggaran iklan ke set iklan yang berkinerja terbaik. Algoritma ini dapat membantu Anda menjangkau lebih banyak orang dengan anggaran yang lebih sedikit. Campaign budget optimization ini bagus untuk digunakan pada campaign yang memiliki setidaknya 2 ad set iklan.
Namun, jika Anda ingin memiliki kontrol lebih akan hasil pada setiap ad set, ad set budget optimization adalah jawabannya. Alasannya adalah bila menggunakan campaign budget optimization, Facebook mungkin tidak dapat mendistribusikan anggaran iklan Anda dengan secara merata, sehingga hasil dari setiap ad set mungkin akan timpang. Akibatnya, Anda mungkin tidak mencapai hasil yang maksimal dari setiap ad set. Pertimbangan yang harus diperhatikan bila Anda ingin menggunakan strategi ini adalah bila Anda ingin mengatur pengeluaran pada setiap ad set, bila terjadi perbedaan besar dalam ukuran audiens antar set iklan Anda, memiliki tujuan optimasi atau strategi bidding yang beragam, dan bila terjadi perbedaan nilai yang besar pada ad set iklan namun tidak dapat mengatur manual bidding pada setiap set iklan.
Cara set Campaign Budget Optimization dan Ad Set Budget Optimization di Facebook Ads Manager
Untuk menerapkan campaign budget optimization Anda dapat masuk ke facebook ads manager dan melakukan set budget iklan pada level campaign dengan klik on Advantage campaign budget.
Dan bila Anda menonaktifkan advantage campaign budget, Anda akan mengaktifkan anggaran untuk ad set budget optimization
Kesimpulan
Campaign budget optimization dan ad set budget optimization adalah dua strategi anggaran iklan Facebook yang efektif. Strategi mana yang lebih baik untuk Anda tergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis Anda.
Jika Anda ingin mengefisiensikan budget kepada ad set yang paling menghasilkan dan ingin setting yang lebih simple, cara iklan di facebook dengan campaign budget optimization adalah pilihan terbaik. Namun, jika Anda ingin memiliki kontrol lebih pada setiap ad set, ad set budget optimization dapat menjadi pilihan yang lebih baik.
Jika Anda masih bingung atau ingin mengetahui strategi cara iklan di facebook yang lebih efektif, Anda dapat menghubungi jasa iklan Facebook Ads untuk dapat membantu Anda menghemat waktu dan tenaga, serta mencapai tujuan bisnis Anda dengan cara yang lebih efisien dan efektif.
Selain itu juga anda dapat mencapai target audiens yang lebih tepat, meningkatkan konversi, dan menghemat anggaran iklan bila dibandingkan dengan iklan sendiri.