Dewasa ini, penggunaan SEO sudah menjadi salah satu hal yang cukup penting bagi beberapa pelaku bisnis, namun karena penggunaannya membutuhkan pemahaman khusus, untuk mempermudah perkembangannya, beberapa pelaku bisnis menggunakan Artificial Intelligence atau AI untuk membantu performa SEO mereka.
Dalam dunia digital yang terus berkembang, penggunaan SEO menjadi semakin penting bagi bisnis untuk meningkatkan branding produk mereka. Dalam upaya untuk memperoleh peringkat yang lebih baik dan menjangkau audiens yang lebih luas, penggunaan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) menjadi solusi baru yang cukup menarik untuk dipahami. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi bagaimana penggunaan AI SEO menjadi salah satu strategi optimasi SEO dan mengapa integrasi teknologi ini menjadi penting bagi kesuksesan bisnis online Anda.
Contoh Penggunaan AI SEO
Penggunaan AI dapat meningkatkan efektivitas strategi SEO Anda mulai dari hal-hal kompleks seperti membantu menganalisis data, memberikan insight optimisasi hingga ke seperti membantu penulisan artikel SEO Anda. Beberapa tools juga dirancang untuk tujuan tertentu, seperti ChatGPT yang lebih umum dikenal, yang dapat digunakan untuk membuat dan menulis konten Anda. Berikut contoh penggunaan AI untuk tujuan tertentu
Riset Keyword
AI dapat digunakan dalam riset keyword dan mengimplementasikan keyword tersebut untuk konten SEO Anda. Dengan menggunakan database yang disimpan oleh AI, Anda bisa mengeksplor keyword ide yang Anda inginkan dengan lebih mudah.
Gambar 1: Penggunaan Keyword Magic Tool untuk Riset Keyword
Sebagai contohnya, penggunaan Keyword Magic Tool dari Semrush ini bisa membantu Anda untuk riset keyword dengan cara cukup menuliskan ide yang Anda pikirkan pada kolom yang disediakan, dan tools ini akan membantu Anda dengan menunjukkan database mereka.
Gambar 2: Keyword Long-Tail yang Dihasilkan dari Keyword “seo ai cara”
Selain itu, Anda juga bisa melakukan pencarian long tail keyword dengan menekan tombol keyword yang Anda inginkan di bagian kiri halaman, hingga muncul hasil keyword yang bisa Anda gunakan.
Gambar 3: Penggunaan Tombol Question pada Keyword Magic Tool
Anda juga bisa mencari pertanyaan yang biasanya ditanyakan, dengan menekan tombol Question di bagian atas halaman. Keyword ini bisa Anda gunakan ketika Anda memang ingin membuat konten yang bersifat problem solving.
Penulisan Konten
Gambar 4: contoh penulisan perintah pada bar penulisan ChatGPT
Tools yang sudah cukup umum digunakan, seperti ChatGPT dapat digunakan untuk membantu Anda dalam pembuatan dan penulisan konten. Penggunaannya juga cukup mudah, Anda tinggal mengetik perintah pada bar penulisan dan biarkan AI menulis sesuai perintah yang Anda lakukan. Setelah anda memberikan perintah penulisan, ChatGPT akan menuliskan sesuai dengan perintah yang Anda tuliskan.
Gambar 5: hasil penulisan ChatGPT untuk Isi Artikel
Semakin detail perintah yang Anda buat, maka hasil penulisan dari ChatGPT akan semakin mendekati apa yang Anda inginkan. Anda bisa menambahkan perintah seperti frasa yang ingin digunakan, jumlah seberapa banyak poin pembahasan yang Anda butuhkan dan perintah-perintah lain yang memang Anda butuhkan. Anda juga bisa menggunakan perintah dengan bentuk pertanyaan.
Gambar 6: Contoh penulisan ketika Anda membutuhkan jumlah poin tertentu
Gambar 7: Contoh perintah menggunakan pertanyaan dan hasil penulisannya
Hingga Artikel ini dibuat (23 Februari 2024), disarankan untuk menggunakan Bahasa Inggris dalam penulisan perintah di ChatGPT. Kenapa? Alasannya karena penulisan pada ChatGPT menggunakan pembelajaran dari data-data di Internet, dimana mayoritas data terbaru yang tersedia menggunakan Bahasa Inggris, sehingga dengan menggunakan Bahasa Inggris, penulisan yang diberikan akan lebih lengkap pembahasannya, dibandingkan hanya menggunakan bahasa Indonesia
Selain itu, apabila Anda merasa tidak cocok dengan penulisan yang dihasilkan, Anda juga bisa menyuruh AI untuk menulis ulang dengan menekan tombol regenerate di kiri bawah tulisan yang dihasilkan, selama Anda tidak membuat perintah lain setelah AI menuliskan perintah Anda
Gambar 8: Tombol regenerate di kiri bawah tulisan
Gambar 9: Tombol regenerate hilang karena perintah lain ditulis setelahnya
Dan apabila ketika perintah sudah Anda tulis, namun terdapat kekeliruan dalam perintah yang Anda tulis, atau perintah yang Anda berikan kurang lengkap, Anda bisa edit perintah yang sebelumnya Anda berikan dengan menekan tombol pensil dibawah perintah Anda
Gambar 10: Tombol edit dengan logo pensil dibawah perintah yang Anda berikan
Penggunaan ChatGPT memang memudahkan dalam penulisan konten Anda, namun perlu diperhatikan bahwa penggunaannya hanya untuk membantu Anda dalam menentukan kata dan frasa untuk penulisan paragraf artikel, dan bukan untuk menuliskan artikel secara keseluruhan.
Optimasi Konten
Setelah konten selesai dibuat, AI masih bisa membantu Anda untuk mencapai peringkat yang lebih baik. Dengan menggunakan tools yang tepat, Anda bisa menggunakan AI untuk memeriksa konten yang sudah Anda buat dan memberikan insight secara teknis agar peringkat Anda bisa lebih baik dari sebelumnya.
Gambar 11: Halaman SEO Writing Assistant
Gambar 12: Analisis yang ditunjukkan oleh SEO Writing Assistant
Tools seperti SEO Writing Assistant dari Semrush dapat digunakan untuk menganalisis konten yang sudah Anda buat. Seperti pada Gambar 11, Anda tinggal copy konten yang sudah Anda buat ke dalam kolom yang disediakan, dan pilih keyword serta target audience konten Anda di kolom bagian kanan yang kami tandai. Tools ini memberikan penilaian di bagian kanan halaman yang bisa Anda gunakan sebagai optimasi konten Anda untuk mendapatkan peringkat lebih tinggi pada mesin pencarian.
Kelebihan AI
Kelebihan dari Penggunaan AI SEO ini salah satunya yaitu mempersingkat waktu yang dihabiskan untuk hal-hal seperti riset keyword, pembuatan konten maupun optimasi konten yang sebelumnya memakan waktu cukup banyak. Artificial Intelligence menggunakan sistem machine learning, dimana AI akan menganalisis banyak informasi dan memberikan rekomendasi sesuai dengan informasi yang AI dapatkan.
Survei yang dilakukan Hubspot menunjukan bahwa 45% sampel marketers menggunakan AI dalam penulisan konten mereka, sedangan 48% dari sampel menggunaan AI untuk tujuan riset mereka. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan AI memegan peran yang cukup penting dalam workflow beberapa marketer. AI digunakan karena aktivitas seperti riset keyword, pembuatan konten dan optimasi konten tersebut membutuhkan usaha yang lebih, yang mungkin bagi beberapa orang tidak memiliki cukup waktu untuk melakukan riset khusus.
Seperti pada riset keyword, AI akan membantu Anda untuk memilih keyword yang tepat, yang dapat membantu konten Anda mencapai peringkat lebih baik. Alih-alih menghabiskan waktu yang cukup lama untuk memilih keyword yang tepat atau melakukan pengecekan pada konten Anda, AI memberikan solusi permasalahan Anda dengan lebih cepat, dan Anda juga bisa menghabiskan waktu lebih banyak untuk bagian lain, selain perencanaan strategi SEO Anda.
Kekurangan AI
Penggunaan AI memang memberikan efektivitas bagi penggunanya, namun penggunaannya bukan berarti selalu sempurna. AI tetap membutuhkan perintah dan tujuan yang jelas dalam penggunaannya. Ambil contoh dalam penulisan konten di ChatGPT, apabila perintah yang Anda masukkan tidak lengkap atau tidak jelas, penulisan yang dihasilkan pun pasti tidak sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Bahkan terkadang ChatGPT tidak bisa memberikan hasil karena keterbatasan database yang mereka punya
Gambar 13: Contoh ChatGPT yang Tidak Bisa Memberikan Hasil lengkap karena keterbatasan
Penulisan konten yang dihasilkan oleh AI ini ada risiko tidak orisinil karena AI belajar dari tulisan-tulisan yang sudah pernah ada sebelumnya, jadi ketika Anda dan orang lain menuliskan topik yang sama pada AI, besar kemungkinan akan mendapatkan hasil yang sama pula. Apabila konten Anda tidak butuh penulisan yang unik, hal ini tidak akan menjadi permasalahan, namun apabila konten Anda memang ingin berbeda dari yang lain, hal ini akan menjadi perhatian lebih.
Konten yang dibuat oleh AI juga memiliki kemungkinan memberikan kesalahan dalam penulisan yang dapat memberikan informasi yang salah pada konten Anda, yang akan mempengaruhi kepercayaan publik pada brand Anda, maka dari itu, pada ChatGPT di bagian bawah kolom penulisan perintah, tertulis “ChatGPT can make mistakes, consider checking important information” yang berarti ChatGPT masih bisa melakukan kesalahan, sehingga dibutuhkan pengecekan untuk informasi yang penting
Gambar 14: Peringatan untuk Pengecekan Informasi Penting pada ChatGPT
Meskipun penggunaan AI memberikan hasil yang lebih cepat, namun dalam praktiknya tetap tidak bisa dilepaskan dari pengawasan dan sentuhan manusia. Karena meskipun dalam menentukan peringkat ditentukan oleh machine learning dan algoritma search engine tersebut, jangan lupakan alasan bahwa konten Anda dibuat untuk dibaca oleh manusia.
Namun apabila dengan adanya AI Anda masih kesusahan dalam pembuatan dan perencanaan SEO, atau karena faktor-faktor seperti belum terlalu percaya dengan hasil dari AI SEO, Anda juga memiliki opsi untuk memberikan wewenang pembuatan dan perencanaan SEO Anda melalui Jasa SEO, yang tentunya ditangani oleh pihak yang sudah profesional dan sudah familiar dengan penggunaan SEO. Dengan memberikan wewenang ke Jasa SEO, Anda bisa lebih fokus untuk merencanakan dan mengembangkan bisnis Anda, serta bisa lebih fokus ke bidang yang lebih Anda pahami.