TikTok melalui TikTok Shop memberikan tempat bagi brand untuk menjual sekaligus berkomunikasi dengan audiens secara langsung menggunakan konten atau live yang dapat mereka jalankan. Sebagian brand juga menjalankan TikTok Ads dengan tujuan yang sama, yaitu menunjukkan brand mereka ke audiens yang lebih luas dan meningkatkan penjualan produk mereka. Namun, sebenarnya bagaimana cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop?
Penggunaan TikTok yang semakin berkembang peminatnya menarik cukup banyak pemilik brand dalam menggunakan platform sosial media tersebut untuk memperkenalkan brand mereka ke audiens yang lebih luas. Namun dengan banyaknya brand yang berminat menggunakan platform ini membuat pemilik brand pintar-pintar memilih strategi agar tidak kalah saing dengan brand lainnya. Namun, sebenarnya strategi mana yang lebih baik? Hanya fokus membuat konten TikTok yang menarik calon pembeli saja? Atau juga harus mengalokasikan dana lebih untuk menjalankan TikTok Ads? Menggabungkan keduanya juga bisa menjadi solusi dari pertanyaan ini.
Kombinasi Konten TikTok dan TikTok Ads
Penggunaan TikTok Ads memang dapat meningkatkan engagement konten Anda dengan sangat cepat, namun ketika konten yang Anda buat kurang menarik bagi calon pembeli, atau tidak cukup sesuai dengan kebutuhan mereka maka engagement ini tidak memiliki potensi yang cukup untuk berubah menjadi penjualan. Konten TikTok yang menarik akan membuat penggunanya menghabiskan waktu menikmati konten tersebut, membuat mereka tidak mau lepas dan penasaran dengan brand Anda. Hal ini membuat brand Anda memiliki keterikatan dengan calon pembeli dan brand Anda lebih mudah menjadi top of mind mereka. Mengkombinasikan optimasi konten organik dan penggunaan TikTok Ads merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop. Langkah menggabungkan keduanya diberi nama strategi “Always Engaged” oleh TikTok dan strategi ini cukup efektif dalam meningkatkan penjualan di TikTok Shop.
Search Engine Journal menjelaskan bahwa penggunaan strategi ini meningkatkan Brand Awareness hingga 173% dan meningkatkan penjualan hingga 100% dari brand yang sebelumnya hanya menggunakan TikTok Ads saja. Hal ini karena 79% pengguna TikTok lebih memilih brand yang relate dengan pengguna dan konten brand tersebut bisa menjadi jawaban dari permasalahan yang mereka alami. Kombinasi ini juga meningkatkan relevansi konten organik sebesar 18%, mengingat Anda bisa memilih menargetkan audiens yang seperti apa, yang cocok dengan Brand Anda. Dengan begitu, strategi ini bisa menjadi cara meningkatkan penjualan di TikTok Shop Anda.
Referensi dan Ide untuk Ads Creative Tiktok
Sekarang Anda sudah tahu bahwa menggunakan TikTok Ads yang dikombinasikan dengan konten Organik yang sesuai dan menarik audiens dapat meningkatkan penjualan TikTok Shop Anda. Namun, bagaimana sebenarnya cara membuat konten TikTok yang menarik bagi pengguna?
Menemukan format konten TikTok yang cocok dengan calon pembeli Anda memang bukan hal yang mudah, butuh banyak percobaan hingga menemukan konten yang sesuai. Beberapa Ide yang bisa Anda coba, seperti dikutip dari Hootsuite diantaranya yaitu:
- Tutorial Penggunaan Produk
Anda bisa membuat konten tentang cara penggunaan produk Anda seperti misalnya “penggunaan lotion ketika akan bepergian” atau “tutorial pemasangan lemari bongkar pasang”. Anda juga bisa menggunakan tips seperti “Style yang cocok untuk kerja” atau “cara merawat sneakers”.
- Share resep dan demo masak
Ide ini brand yang menjual bahan makanan atau alat masak yang tujuannya untuk menarik orang untuk mencoba masak dengan produk yang Anda jual. Anda juga bisa menyisipkan Unique Selling Point dari Brand Anda pada konten ini.
- Promo Produk
Anda bisa bereksperimen dengan cara hard selling menggunakan promo produk, terutama ketika akan mendekati momen diskon seperti tanggal kembar atau payday.
- Unique Selling Point
Anda bisa bereksperimen dengan benar-benar fokus di Unique Selling Point atau USP brand Anda. Seperti “produk sunscreen yang yang ramah terumbu karang” atau “Kursi yang dapat dibawa kemana saja”. Bedanya dengan point ke-2 yaitu untuk point ke-2 USP hanya disisipkan, sedangkan untuk point ini USP benar-benar ditonjolkan.
Penggunaan KOL atau Key Opinion Leader
Selain membuat ide Anda sendiri, Anda bisa bekerjasama dengan KOL untuk mengeksekusi ide konten Anda. Memanfaatkan nama dan reputasi yang mereka punya, Anda bisa mendapatkan exposure yang lebih baik dibandingkan ketika Anda mengeksekusi ide Anda sendiri. Namun penggunaan KOL ini perlu Anda perhatikan, karena Anda harus memilih KOL yang tepat yang memiliki audiens yang sama dengan produk Anda mengingat Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk bekerjasama dengan KOL.
Anda juga dapat menggunakan KOL ini sebagai host untuk Livestream Anda. Sama seperti bekerjasama dengan KOL untuk eksekusi konten Anda, penggunaan KOL untuk host Livestream ini akan memberikan exposure lebih pada brand Anda, dan semakin terkenal dan semakin bagus reputasi mereka pasti memberikan exposure yang lebih bagus pula.
Kesimpulan
Membuat konten yang menarik akan meningkatkan engagement audiens terhadap brand Anda dan secara tidak langsung akan meningkatkan Awareness brand Anda yang dapat meningkatkan performa penjualan TikTok Shop Anda. Ketika Anda sudah membuat konten yang sudah cukup menarik dan cukup bagus engagement nya, Anda bisa menggunakan TikTok Ads untuk mempromosikan produk Anda dengan lebih luas. Menggunakan TikTok Ads memungkinkan konten Anda untuk disebarkan ke audiens yang lebih banyak, serta Anda juga bisa memilih menyebarkan konten Anda ke audiens tertentu, seperti audiens yang memiliki minat aktivitas tertentu dengan umur dan gender tertentu. Dengan begitu, strategi tersebut bisa menjadi cara meningkatkan penjualan di tiktok yang cukup efektif, karena Anda bisa menjangkau lebih banyak audiens dengan ads dan membuat mereka nyaman dengan brand Anda menggunakan konten organik yang Anda buat.Apabila Anda merasa ragu atau merasa bahwa Anda tidak bisa menjalankan TikTok ads di tengah kesibukan Anda, Anda bisa memutuskan untuk bekerjasama dengan agensi yang menjalankan TikTok Ads. Agensi Digital Marketing yang membuka Jasa TikTok Ads seperti PAKAR Jasa memiliki pengalaman yang cukup banyak, dan sudah cukup profesional dalam membantu Anda untuk menjalankan TikTok Ads.