Siapa sih yang sekarang ini tidak menggunakan TikTok? Hingga Agustus 2024, jumlah pengguna TikTok di Indonesia telah mencapai 157,6 juta. Dengan market yang begitu besar, platform ini menjadi peluang besar untuk meningkatkan penjualan melalui TikTok Ads.
Di artikel ini kita akan membahas setiap jenis iklan video TikTok Ads baik dari cara kerjanya hingga keunggulannya.
Apa itu TikTok Ads?
TikTok Ads adalah platform iklan berbayar yang disediakan oleh TikTok untuk membantu seller menjangkau audiens dengan iklan yang menarik, sehingga dapat meningkatkan omzet bisnis. TikTok sendiri dikenal sebagai media sosial yang memudahkan konten untuk FYP (For You Page) atau bahkan viral, yang berarti bisnismu juga memiliki peluang besar untuk lebih dikenal melalui platform ini. Terlebih lagi dengan adanya TikTok Ads, strategi digital marketing dapat dijalankan dengan lebih mudah dan efektif.
Mengapa Harus Menjalankan Iklan di Tiktok?
TikTok telah menjadi salah satu sosial media terbesar di dunia yang digandrungi berbagai kalangan, dari anak muda hingga orang tua. Dengan pengguna yang selalu meningkat setiap tahunnya, TikTok menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan jangkauan yang luas sebagai platform iklan. TikTok juga juga memiliki sistem canggih yang dapat menampilkan iklan Anda kepada audiens yang tepat. Dengan demikian, produk/layanan yang Anda tawarkan bisa dikenal oleh market yang Anda tuju.
Jenis Iklan di TikTok
TikTok menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dengan format dasar video pendek yang menarik, iklan di TikTok mampu meningkatkan brand awareness, engagement, hingga konversi penjualan. Masing-masing jenis iklan di TikTok memiliki keunggulannya tersendiri dalam menarik perhatian pengguna TikTok. Berikut beberapa jenis iklan di TikTok yang wajib Anda ketahui:
TopView Ads
TopView merupakan jenis iklan yang akan memunculkan video Anda saat pertama kali pengguna membuka TikTok. Video akan ditayangkan dalam bentuk transisi berdurasi 3 detik yang selanjutnya akan ditayangkan di feed seperti video biasa. Dengan menayangkan iklan dalam video pertama, TopView Ads akan menarik perhatian lebih banyak dari audiens sehingga dapat meningkatkan impresi dan traffic pada brand Anda. Jenis iklan ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin melakukan promosi atau peluncuran produk untuk meningkatkan awareness audiens.
Top Feed Ads
Top Feed Ads adalah pilihan iklan yang akan menempatkan video iklan Anda di slot pertama In-Feed Ads. Dengan kata lain, fitur TopFeed Ads memiliki keistimewaan untuk memunculkan video Anda setelah video organik pertama yang sangat efektif untuk meningkatkan awareness audiens. Jenis iklan ini hanya tersedia untuk beberapa pengguna yang memenuhi syarat sehingga jika Anda dapat menggunakannya, manfaatkan fitur ini sebaik mungkin untuk branding Anda.
In Feed Ads
In-Feed Ads merupakan jenis iklan yang akan memunculkan video Anda di antara video-video pada halaman “For You”. Kelebihan jenis iklan ini adalah video Anda akan terlihat seperti FYP pada umumnya sehingga tidak akan terasa mengganggu bagi para pengguna TikTok. Namun, video tetap akan menampilkan tulisan “promoted” sebagai tanda bahwa konten Anda ditujukan untuk iklan, bukan organik. In Feed Ads juga memungkinkan adanya interaksi melalui comment, share, ataupun like sehingga iklan Anda akan terlihat lebih interaktif dan terpercaya.
Branded Mission Ads
Branded Mission adalah jenis iklan yang sangat membantu Anda yang kesulitan dalam pembuatan konten iklan. Dengan Branded Mission, Anda dapat mengundang para kreator TikTok untuk berpartisipasi dalam membuat konten iklan dengan ketentuan yang dapat Anda rancang sendiri. Setelahnya, Anda dapat memilih video dengan kinerja yang terbaik untuk dijadikan sebagai iklan. Video kreator yang terpilih juga akan mendapatkan keuntungan berupa uang kompensasi sehingga jenis iklan ini sama-sama menguntungkan untuk pihak brand maupun kreator TikTok.
Spark Ads
Spark Ads merupakan jenis iklan yang menggunakan video dari akun TikTok Anda untuk dijadikan sebagai konten iklan. Anda juga dapat memuat link ke landing page yang Anda tuju dalam iklan ini. Dengan jenis iklan ini, Anda dapat memanfaatkan engagement yang telah diperoleh dari konten organik dan memperluas jangkauannya melalui iklan berbayar.
Di atas adalah penjelasan singkat mengenai berbagai jenis iklan yang dapat Anda manfaatkan dalam TikTok Ads. Sebagai platform dengan peluang besar dalam periklanan, penting bagi Anda untuk memilih jenis iklan yang sesuai dengan tujuan bisnis. Jika Anda ingin mengoptimalkan strategi pemasaran di TikTok tetapi masih bingung harus mulai dari mana, PAKAR Jasa siap membantu. Dengan layanan iklan TikTok yang profesional, kami akan membantu merancang strategi terbaik agar bisnis Anda semakin dikenal dan omzet meningkat secara optimal. Selain itu, PAKAR Jasa juga menyediakan beragam layanan lainnya mulai dari jasa optimasi marketplace hingga jasa SEO. Yuk mulai iklan dan tingkatkan omzet Anda bersama PAKAR Jasa!