Di dunia digital marketing pemilihan audiens yang tepat untuk menjadi target iklan menjadi kunci keberhasilan. Salah satu strategi yang sering dilakukan adalah dengan menggunakan Lookalike Audience. Namun, apa itu lookalike audience? Artikel ini akan membantu Anda memahami secara detail mulai dari pengertian, keunggulan, hingga cara membuatnya agar performa iklan dapat lebih maksimal.
Pengertian Lookalike Audience
Lookalike Audience adalah fitur bisa digunakan di berbagai platform iklan untuk mencari audiens baru yang memiliki karakteristik yang sama dengan data base yang digunakan. Sebagai contoh, jika kita punya data customer yang telah melakukan pembelian, platform iklan bisa menganalisis karakteristik mereka (misalnya umur, lokasi, hobi, kebiasaan online) lalu mencarikan orang lain yang punya kemiripan dengan mereka. Fitur ini biasa digunakan pada platform iklan digital seperti TikTok dan Meta.
Fitur ini bisa membuat iklan yang kita buat bisa menjadi lebih efektif karena bisa mengandalkan learning dari masing-masing platform untuk mencarikan audiens yang serupa dari karakteristik atau kebiasaan customer kita. Cara membuat tipe audiens juga sangat mudah dan hanya perlu mempersiapkan data source yang akan digunakan.
Keunggulan Menggunakan Lookalike Audience
Kelebihan:
- Efisien: menjangkau audiens baru dengan memanfaatkan learning platform yang digunakan.
- Skalabilitas tinggi: Bisa bantu bisnis tumbuh lebih cepat karena mampu menjangkau audiens baru dengan behaviours yang sama.
- Relevan: iklan akan ditampilkan ke audiens yang memiliki karakteristik serupa dengan data yang digunakan untuk lookalike.
Cara Membuat Lookalike Audience
Panduan Membuat Lookalike Audience di Meta
- Buka Ads Manager → Audience → Create Audience → Lookalike Audience
- Pilih data source, lokasi dan, audience size yang diinginkan. Semakin besar persentase yang dipilih akan semakin besar size audiensnya, namun karakteristiknya juga akan semakin berbeda dengan data source yang digunakan.
Panduan Membuat Lookalike Audience di TikTok
- Siapkan data yang ingin dibuat lookalikenya dengan minimal 1000 data yang akan digunakan sebagai source.
- Buka menu Tools → Audience Manager → Create Audience → Custom Audience. Buat terlebih dahulu data source yang akan digunakan untuk lookalike
- Setelah data source selesai dibuat, TikTok membutuhkan waktu sekitar 24 jam sampai audiens ini bisa digunakan. Jika Status Audiens sudah berubah menjadi Available, maka bisa langsung diklik “Create a Lookalike Audience” dan bisa disesuaikan size audiensnya. Direkomendasikan untuk mencapai size “Balanced”
Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa memperbesar peluang untuk menjangkau audiens yang lebih sesuai dengan target market yang dituju. Namun, apabila Anda masih merasa kebingungan dalam memahaminya, Anda bisa menggunakan Jasa tiktok ads dan Jasa iklan instagram dan facebook yang ditawarkan oleh agensi digital marketing professional Pakar Jasa.