Ketika melihat konten di sosial media pasti kamu pernah bertanya-tanya mengapa tidak semua konten bisa mendapatkan banyak interaksi? Jika iya, berarti kamu harus tahu apa itu engagement sosial media. Artikel ini akan membahas apa itu Engagement sosmed, fungsi dari engagement, dan tips mendapatkan engagement untuk konten kamu di sosial media.
Pengertian Engagement Sosmed
Engagement sosmed adalah interaksi antara audiens dengan konten yang kamu publikasi di sosial media. Interaksi yang terjadi bisa diukur dengan beberapa metrik yaitu like, comment, dan share. Engagement sosmed menggambarkan hubungan dua arah antara audiens dengan akun sosmed. Semakin tinggi engagement sosmed maka semakin besar kemungkinan konten akan tersebar lebih luas lagi.
Apa Saja yang Termasuk Engagement Sosial Media
Like
Like merupakan salah satu interaksi yang menunjukkan ketertarikan audiens terhadap konten. Likes bisa menjadi indikator awal untuk melihat konten populer dan menarik atau tidak.
Comment
Comment merupakan bentuk interaksi yang lebih mendalam antara audiens dengan konten. Comment menunjukkan bahwa konten memiliki kualitas yang bagus untuk audiens berinteraksi melalui tindakan memberikan opini, bertanya, atau memberikan feedback. Adanya comments juga berguna bagi pembuat konten untuk bisa berinteraksi langsung kepada audiens.
Share
Share adalah tindakan membagikan konten ke jaringan yang dimiliki audiens. Interaksi ini menunjukkan kalau konten memiliki nilai lebih dari sisi audiens dampaknya konten yang bernilai akan memiliki jangkauan yang lebih luas lagi.
Fungsi Engagement
Engagement sosmed salah satu kriteria penting yang perlu diperhatikan content creator untuk menilai apakah konten yang dibuat memiliki kualitas yang baik atau tidak. Beberapa fungsi utama dari engagement sosmed diantaranya
- Membangun Awareness
Dengan meningkatkan interaksi dengan audiens maka content creator akan memiliki kesempatan untuk bisa memperkenalkan produk, jasa atau hanya sekedar memberikan value. - Membangun komunitas dan loyalitas
Adanya interaksi dua arah akan meningkatkan kepercayaan dan mempertahankan audiens. Audiens yang loyal akan cenderung memberikan rekomendasi kepada relasi mereka sehingga lebih banyak lagi audiens yang bisa dijangkau. - Meningkatkan keterlibatan pelanggan
Dengan melibatkan pelanggan, maka akan didapatkan informasi yang berguna untuk mengembangkan kualitas konten kedepannya. - Mendukung keputusan bisnis
Informasi yang didapatkan dari interaksi audiens berguna untuk analisa keputusan bisnis sehingga tujuan bisnis bisa dioptimalkan lebih baik.
Tips Meningkatkan Engagement Instagram
Beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan engagement sosmed sebagai berikut
- Kenali audiensmu
Cari tahu audiens mu siapa dan ketertarikannya. Berikan konten yang relevan dengan mereka untuk menarik perhatiannya. Untuk menaikkan engagement instagram kita bisa menggunakan fitur audiens insight untuk mencari tahu audiens di akun kita. - Gunakan visual dan audio konten yang berkualitas
Visual dan audio yang berkualitas akan memberikan pengalaman yang baik untuk audiens sehingga pesan pada konten akan tersampaikan dengan baik. - Buat caption yang menarik
Caption yang menarik dan relevan dengan konten juga berfungsi untuk menyampaikan pesan pada konten dengan baik kepada audiens - Aktif menanggapi audiens
Dengan aktif menanggapi komentar audiens akan mendorong interaksi yang lebih banyak lagi karena algoritma sosial media akan menilai tingginya interaksi menandakan konten yang berkualitas. - Gunakan hashtag relevan
Menggunakan hashtag yang relevan dapat meningkatkan visibilitas konten tapi jangan terlalu banyak menggunakan hashtag agar tidak dianggap sebagai konten spam.
Dengan memahami engagement sosmed, kamu bisa menentukan strategi konten yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnismu. Jika kamu membutuhkan engagement tinggi dengan waktu yang lebih singkat kamu bisa coba menggunakan ads di platform meta atau tiktok. Namun apabila kamu masih merasa kebingungan untuk menjalankan iklan di meta atau tiktok, kamu bisa menggunakan jasa meta ads dan jasa tiktok ads yang ditawarkan oleh agensi digital marketing professional seperti PAKAR Jasa yang sudah berpengalaman menghandle client dari berbagai bidang bisnis. Yuk, hubungi PAKAR Jasa sekarang!