Ketika seseorang mencari sebuah informasi, hal pertama yang dilakukan adalah membuka Google dan mengetikkan informasi yang ingin dicari. Setelahnya, Google akan memunculkan berbagai hasil yang relevan. Itu lah salah satu penggunaan dari search engine atau yang sering disebut dengan mesin pencari.
Search engine adalah alat bantu online yang digunakan untuk menemukan informasi secara cepat berdasarkan kata kunci yang diketik pengguna. Dalam praktik SEO, memahami cara kerja search engine adalah hal penting agar website dapat muncul di halaman teratas. Di artikel ini, kita akan bahas tuntas apa itu mesin pencari, macamnya, hingga cara kerjanya!
Apa Itu Search Engine dan Fungsinya
Search engine adalah program berbasis web yang digunakan untuk membantu user menemukan informasi di internet berdasarkan keyword atau kata kunci yang diketikkan. Di internet, ada jutaan halaman web, dan tugas mesin pencari adalah menyaring serta menampilkan konten yang dianggap paling relevan dengan pencarian pengguna.
Fungsi search engine adalah menyederhanakan proses pencarian informasi, sehingga pengguna tidak perlu menelusuri situs secara manual. Cukup dengan mengetikkan kata kunci tertentu, pengguna bisa mendapatkan hasil dalam hitungan detik, baik berupa artikel, gambar, video, peta, hingga produk dari marketplace. Itulah fungsi mesin pencari yang akan menampilkan informasi dari yang user cari.
Hasil pencarian yang ditampilkan oleh mesin pencari disebut dengan Search Engine Results Page atau SERP.
Macam-Macam Search Engine
Terdapat macam-macam mesin pencari yang banyak digunakan di seluruh dunia. Beberapa di antaranya adalah berikut:
Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan secara global, termasuk Indonesia. Bahkan, Google juga disebut sebagai “The King of Search Engine” karena dominasinya dalam dunia mesin pencari. Google dikenal sebagai mesin pencari dengan algoritma yang paling canggih sehingga hasil pencariannya dianggap paling relevan dan memiliki kualitas yang tinggi. Selain itu, keunggulan lainnya dari Google adalah mesin pencari ini mengindeks lebih banyak halaman web dibandingkan dengan search engine lainnya serta terintegrasi oleh layanan lainnya seperti Gmail, YouTube, dan Google Maps.
- Bing
Bing adalah mesin pencari yang dioperasikan oleh Microsoft. Bing juga salah satu mesin pencari yang terkenal di dunia, salah satunya di Amerika Serikat. Keunggulan Bing terletak pada integrasinya dengan ekosistem Microsoft seperti Windows, Edge, dan Office. Bing juga unggul dalam tampilan hasil pencarian gambar dan video.
- Yahoo!
Yahoo! sebelumnya dikenal dengan layanan emailnya, namun ia juga merupakan search engine yang populer. Yahoo! pernah bekerja sama dengan Bing dalam teknologi pencarian dan biasanya menjadi default engine di browser Firefox.
- DuckDuckGo
DuckDuckGo adalah mesin pencarian yang terkenal dengan jaminan privasinya. Namun, DuckDuckGo tidak sepopuler mesin pencari lainnya di Indonesia sehingga banyak orang yang masih asing dengan mesin pencari ini.
Cara Kerja Search Engine
Walaupun terdapat banyak macam mesin pencari, namun cara kerja mesin pencari pada umumnya sama. Berikut bagaimana cara mesin pencari bekerja:
Crawling
Proses awal dari cara kerja search engine adalah crawling. Crawling adalah proses saat bot mesin pencari (webcrawler) menjelajahi internet, mengumpulkan data dengan menelusuri halaman-halaman baru dari berbagai situs. Bot ini akan menjelajahi satu halaman dan mengakses halaman-halaman lainnya untuk menemukan sebanyak mungkin informasi yang tersedia.
Indexing
Setelah halaman ditemukan oleh bot, selanjutnya halaman tersebut akan melalui proses indexing. Indexing adalah proses analisis konten yang ditemukan, mulai dari pemahaman isi dan kata kunci, struktur halaman, gambar, hingga meta data. Jika halaman dinilai baik, maka halaman tersebut akan terindeks dan tersimpan di database mesin pencari.
Ranking
Setelah indexing, tahap selanjutnya adalah ranking. Ranking adalah proses di mana mesin pencari menentukan peringkat yang ditampilkan dalam SERP. Penentuan posisi ini berdasarkan algoritma yang kompleks, namun pada dasarnya mesin pencari akan memberikan peringkat tinggi pada halaman yang dinilai relevan dan berkualitas. Inilah hal yang perlu diperhatikan oleh pebisnis, yaitu memastikan website memiliki konten yang baik hingga dapat ranking di halaman pertama, bahkan di posisi pertama.
Dengan memahami bahwa search engine adalah alat vital untuk menemukan dan menyajikan informasi secara efisien. Persaingan agar website kita tampil di ranking yang tinggi dalam hasil pencarian memang bukanlah hal yang mudah. Perlu banyak optimasi yang dilakukan agar website dinilai SEO-friendly. Bingung cara melakukannya? Tenang saja, PAKAR Jasa menyediakan jasa SEO yang sudah berpengalaman menangani berbagai macam bisnis. Ingin website Anda ranking di halaman 1 Google? Klik di sini untuk informasi selengkapnya!