Dalam dunia SEO, tools yang menyediakan berbagai fitur untuk berbagai penggunaan seperti keyword research, audit SEO website, hingga analisis kompetitor sangat diperlukan. Hal-hal tersebut dapat ditemukan pada Ahrefs. Ahrefs adalah tool SEO yang sering digunakan oleh SEO expert karena kelengkapannya dan kemudahannya. Baca artikel berikut untuk mempelajari fitur dan penggunaan Ahrefs selengkapnya!
Apa Itu Ahrefs?
Ahrefs adalah platform yang membantu optimasi SEO dan website secara menyeluruh yang diluncurkan pada tahun 2010 dan terus berkembang hingga saat ini. Fungsi Ahrefs beragam, mulai dari melakukan analisis domain, riset keyword, analisis backlink, hingga analisis traffic kompetitor.
Keunggulan Ahrefs
Kekuatan utama Ahrefs adalah salah satu yang memiliki database backlinknya terbanyak sehingga sering dijadikan sebagai acuan dalam analisis profil backlink. Tidak hanya untuk website sendiri, namun Ahrefs juga dapat menampilkan analisis profile backlink dari website kompetitor. Salah satunya adalah DR atau Domain Rating yang merupakan metrics backlink yang dikembangkan oleh Ahrefs untuk menunjukkan otoritas suatu website. Metrik ini kemudian dijadikan salah satu target oleh para pengembang website maupun digital marketer dalam optimasi SEO.
Fitur dalam Ahrefs
-
Site Explorer

Fitur ini digunakan untuk melihat profile backlink website kita ataupun kompetitor. Dengan memasukkan domain ke dalam site explorer, maka data DR dan backlink akan muncul. Fitur ini sangat berguna untuk analisis kompetitor dan merancang strategi untuk meningkatkan DR website Anda.
-
Keyword Explorer

Fitur keyword explorer dapat digunakan saat melakukan riset kata kunci. Fitur ini dapat menampilkan data search volume, tingkat kesulitan, hingga ide keyword lainnya yang masih relevan. Keunggulan fitur ini adalah dapat menampilkan keyword yang tidak dapat dicari pada Google Search Console seperti kata kunci terkait kesehatan. Namun, kekurangan dari Ahrefs adalah hanya dapat memfilter berdasarkan negara. Fitur ini masih terbatas dibanding tools seperti Google Ads Keyword Planner yang lebih detail untuk lokal seperti kota atau kabupaten sehingga kurang cocok digunakan sebagai tools riset keyword untuk optimasi Google Business Profile.
-
Backlink Profiles
Fitur backlink profile digunakan untuk melihat halaman apa saja yang mencantumkan link website kita di dalam kontennya. Fitur ini sangat bermanfaat untuk mengevaluasi seberapa banyak backlink yang kita dapatkan hingga apakah terdapat backlink yang dianggap spam. Selain itu, kita juga bisa melihat backlink dari kompetitor untuk membuat strategi optimasi off-page SEO kedepannya.
-
Site Audit
Fitur site audit digunakan untuk menganalisis seberapa sehat website kita. Fitur ini dapat menampilkan data hasil crawl yang memuat list URL yang di-crawl hingga masalah-masalah di dalamnya sehingga dapat membantu mendeteksi masalah teknis SEO pada website, seperti kecepatan, struktur, hingga error pada halaman.
-
Content Explorer
Fitur content explorer adalah fitur yang digunakan untuk melihat dan mengevaluasi konten berdasarkan keyword tertentu sehingga kita dapat melihat inspirasi konten yang baik dan mengimplementasikannya di dalam website.
Ahrefs adalah salah satu tool yang dapat membantu para praktisi SEO untuk mengevaluasi hingga mengoptimasi websitenya. Dengan fitur-fitur lengkap dan database yang kuat, Ahrefs menjadi pilihan tepat bagi siapa saja yang serius ingin meningkatkan performa website di mesin pencari. Ingin website Anda tampil di halaman pertama dalam hasil pencarian Google? Saatnya menggunakan layanan SEO dari PAKAR Jasa! Hubungi kami sekarang dan kami akan selalu siap membantu bisnis Anda tumbuh dalam dunia digital!