Di era digital seperti sekarang, keberhasilan sebuah konten tidak hanya diukur dari jumlah followers atau likes. Salah satu metriks penting yang sering digunakan untuk menilai performa suatu konten adalah Engagement Rate. Metriks ini sangat penting untuk dipahami bagi pebisnis. Simak artikel ini untuk memahami metriks ini lebih jauh!
Arti Engagement Rate
Secara sederhana, Engagement Rate adalah persentase yang menunjukkan seberapa banyak audiens berinteraksi dengan konten yang dibandingkan dengan jumlah audiens yang melihat konten tersebut. Interaksi yang dimaksud, seperti likes, komentar, shares, saves, klik, dan sebagainya. Metriks ini memiliki peran yang sangat penting untuk memahami seberapa efektif suatu konten terhubung dengan audiens.
Cara Menghitung Engagement Rate
Terdapat beberapa cara menghitung Engagement Rate, tergantung juga pada platform dan tujuan analisis. Terdapat rumus yang cukup umum digunakan, yaitu (Total Interaksi/Reach atau Impression) x 100 %
Cara Cek Engagement Rate
Untuk cek Engagement Rate beragam caranya, hal ini tergantung pada platform yang digunakan.
Cara Cek ER TikTok
Pada platform TikTok, dapat menggunakan Analitik dari TikTok untuk cek ER TikTok, dengan cara:
- Membuka aplikasi TikTok
- Klik profile lalu klik titik tiga di kanan atas
- Pilih TikTok Studio lalu tampilkan semua data
- Pilihlah data yang dibutuhkan seperti jumlah followers, likes, komentar, dan shares
- Hitunglah secara manual. Pada platform TikTok, dapat mengunakan rumus (Total Interaksi/Total Pengikut) x 100 %
Cara Cek ER Instagram
Pada platform Instagram, dapat menggunakan cara berikut untuk cek ER TikTok:
- Membuka aplikasi Instagram bisnis
- Klik menu “Professional Dashboard”
- Pilih opsi “see all”
- Pilihlah data yang dibutuhkan seperti jumlah followers, likes, komentar, dan shares
- Hitunglah secara manual. Pada platform Instagram, dapat menggunakan rumus (Total Interaksi/Reach) x 100 %
Tips Meningkatkan Engagement Rate
Engagement Rate dapat ditingkatkan dengan cara beberapa hal, misalnya dengan membuat konten yang menarik dan menghibur, sehingga dapat menarik minat audience untuk berinteraksi di konten tersebut. Kemudian berikan pertanyaan kepada audiens. Hal ini dapat mendorong audiens untuk berinteraksi pada kolom komentar. Selanjutnya, gunakan Call To Action. Ajak audiens untuk likes, komentar, share, atau save.
Kesimpulan
Engagement rate merupakan indikator penting dalam mengukur seberapa efektif suatu konten dalam menjangkau dan melibatkan audiens. Tingginya engagement menandakan bahwa audiens tertarik, aktif, dan terhubung dengan baik pada pesan yang disampaikan pada suatu konten. Jika Anda ingin meningkatkan engagement rate secara signifikan dan menjangkau audiens yang lebih tepat sasaran, bekerja sama dengan jasa instagram ads ataupun jasa tiktok ads dari PAKAR jasa adalah solusi yang tepat. Yuk, hubungi PAKAR Jasa sekarang!