Landing page merupakan salah satu elemen terpenting dalam strategi digital marketing. Jika kamu ingin menarik pelanggan dan meningkatkan penjualan, memaksimalkan elemen ini adalah keharusan. Simak artikel ini untuk memaksimalkan halaman bisnismu!
Apa Itu Landing Page?
Landing Page adalah halaman yang dirancang khusus untuk mengarahkan user ke arah yang diinginkan secara spesifik. Berbeda dengan halaman web biasa, halaman ini dioptimalkan agar mendorong pengunjung melanjutkan tindakan seperti mendaftar, melakukan pembelian, atau mengisi survei.
Fungsi Landing Page
Landing page memiliki fungsi tertentu, berikut beberapa fungsi utamanya:
- Menambah leads
Halaman ini dapat digunakan sebagai alat pengumpul leads sangat efektif karena dapat menyaring pengunjung potensial menjadi data prospek yang berharga bagi perusahaan. Pada halaman ini juga dapat memuat halaman penting, seperti data dari customer atau calon customer.
- Meningkatkan kredibilitas
Halaman ini dapat menunjukkan profesionalisme sebuah perusahaan lewat desain yang bersih dan terorganisasi, memancarkan keyakinan, dan reputasi yang baik.
- Meningkatkan traffic
Melalui penargetan kata kunci relevan dan segmentasi audiens yang tepat, halaman ini dapat menarik pengunjung baru yang sesuai dengan profil calon pelanggan.
Cara Membuat Landing Page
Menentukan target audience dan tujuan
Sebuah landing page ditujukan untuk tipe konsumen tertentu. Tipe konsumen atau target audience ini disesuaikan dengan produk yang akan ditawarkan dengan halaman tersebut.
Memilih platform website
Gunakan platform yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut beberapa pilihan yang cukup populer, antara lain WordPress, Wix/Squarespace, Carrd / Webflow / Notion (publik), atau shopify untuk landing page produk.
Membuat desain dan copywriting menarik
Pembuatan landing page dengan desain yang sesuai dapat mempengaruhi persepsi pengunjung halaman dan meningkatkan kenyamanan di halaman tersebut. Pilih warna yang sesuai dengan brand, gunakan gambar, tambahkan video, dan aspek visual lainnya. Kemudian cara terbaik untuk menulis copywriting adalah menggunakan keyword–keyword yang relevan dan banyak dicari oleh target audience. Dengan begitu, halaman tersebut akan semakin dinilai baik dan mampu membantu konversi terjadi secara optimal. Jangan lupa gunakan headline yang menarik di bagian atas atau paling awal. Fungsi headline tersebut adalah untuk membuat pengunjung ingin terus melanjutkan scrolling ke bawah.
Tambahkan CTA
CTA atau Call-To-Action merupakan kata-kata atau kalimat yang bisa menarik konsumen untuk melakukan konversi atau lead, seperti “Beli Sekarang”, “Coba Gratis”, atau “Daftar Sekarang”. CTA ini sangat penting dan sangat berkaitan erat dengan copywriting.
Kesimpulan
Landing page yang bagus sangat penting karena dapat menentukan apakah audiens akan melakukan tindakan yang diharapkan, seperti membeli, mendaftar, dan sebagainya. Ingin hasil landing page yang lebih maksimal? Hubungi Pakar Jasa sekarang juga!