Jika Anda saat ini sedang membuat website tersendiri untuk bisnis yang sedang dijalankan tentunya Anda harus memikirkan bagaimana caranya website Anda dapat ditemukan oleh orang-orang.
Dengan berkembangnya variasi berinternet yang bisa dilakukan saat ini seharusnya Anda tidak perlu khawatir lagi, pada masa sekarang promosi tidak hanya bisa dilakukan secara tradisional, melainkan melalui internet atau proses digital marketing.
Digital marketing sendiri sangat beragam mulai dari promosi secara organik (social media, SEO, podcast, konten video youtube) serta yang berbayar seperti meta ads (facebook dan instagram ads), google ads, tiktok ads, twitter (x) ads maka dari itu Anda tidak perlu khawatir lagi untuk menemukan orang-orang yang akan tertarik dengan bisnis Anda.
Lantas bagaimana cara menerapkan strategi organik dan paid (berbayar) untuk meningkatkan traffic pada website kita? Simak penjelasannya pada artikel dibawah ini!
Organic Traffic
Organik dapat diartikan sebagai sesuatu yang alami atau natural, sehingga mudahnya organik traffic ini adalah sebuah traffic yang datang melalui cara yang natural (dicari atau ditemukan sendiri oleh audiens), hal ini biasanya dikarenakan adanya suatu ketertarikan antara audiens dengan industri bisnis yang kita geluti.
Kemudian bagaimana media marketing digital secara organik bisa menghubungkan audience dengan brand kita? Tentu saja melalui konten-konten yang bisa kita produksi di internet baik itu sosial media atau website kita sendiri.
Bagaimana menghubungkan hal tersebut dengan bisnis kita? Dengan cara memberikan CTA atau Call to Action di setiap konten yang kita buat. Apa itu CTA? Hal tersebut adalah sebuah kalimat atau tagline ajakan kepada audience untuk melakukan goals yang kita inginkan.
Contohnya pengguna sosial media memiliki kecenderungan untuk mencari konten-konten hiburan ataupun edukasi yang lebih interaktif atau orang-orang mencari informasi terkait permasalahan mereka di internet, dari dua konten tersebut kita berikan sebuah CTA untuk mengunjungi website kita.
contoh penggunaan kalimat CTA di konten organik instagram
Untuk lebih detailnya simak penjelasan dibawah ini untuk platform, jenis konten dan contoh dari organik traffic yang bisa diterapkan untuk membantu meningkatkan traffic pada website.
Social Media
Penggunaan media sosial saat ini sangat masif dan setiap orang membuka sosial media mereka hampir setiap harinya entah untuk mencari informasi, mengetahui kabar kerabat, atau mempromosikan bisnis mereka!
Keunggulan dari jumlah pengguna media sosial yang masif inilah menjadi suatu hal yang menguntungkan untuk mendapatkan traffic secara organik.
Contoh konten dari Instagram PAKAR Jasa
Contohnya gambar diatas merupakan salah satu konten instagram dari PAKAR Jasa, PAKAR Jasa sendiri adalah sebuah agency yang bergerak dibidang jasa untuk digital marketing, dan konten-konten di Instagramnya cenderung konsisten memberikan edukasi terkait periklanan digital marketing, lalu apa tujuannya membuat konten-konten tersebut?
Konten-konten yang kita muat di sosial media haruslah sesuai dengan target market dari produk atau jasa yang kita tawarkan, sehingga pembuatan konten ini akan menjadi pembuka untuk membuat audience tertarik, lalu ketika mereka sudah mulai aware dengan nama brand kita karena sering melihat konten yang kita buat, mereka pasti akan merasa penasaran dan akhirnya mencari informasi dari akun sosial media kita, maka dari itu pastikan di akun nya disisipkan link website bisnis Anda ya!
Contoh penulisan kontak di bio Instagram
Kita juga harus sering share konten-konten kita lintas platform ya, misalnya konten di instagram bisa kita share juga di facebook, X, Tiktok, sehingga semakin banyak potensi traffic secara organik yang bisa didapatkan ke website kita, dan juga jika ingin sedikit mengeluarkan effort, Anda juga bisa membuat sebuah podcast atau video review di youtube terkait produk atau jasa yang Anda tawarkan.
Selain itu konten yang kita publish di sosial media juga punya potensi untuk menjadi viral dan hal itu pastinya akan menguntungkan untuk bisnis kita tentunya viral dalam hal yang positif ya!
Artikel SEO Friendly
Selain penggunaan sosial media, kita juga bisa meningkatkan traffic website kita dengan menggunakan sebuah artikel yang dibuat pada blog halaman website hal ini merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan traffic website berdasarkan SEO, tujuan utama dalam pembuatan artikel ini umumnya memberikan informasi atau menyelesaikan suatu permasalahan yang dicari oleh audience.
contoh jenis lampu milik artikel tokopedia
Contohnya pada artikel yang dimuat pada blog milik Tokopedia diatas, ketika saya sedang mencari jenis-jenis lampu, Tokopedia sudah membuat sebuah artikel yang menjelaskan jenis-jenis lampu, dan lengkap di bagian bawahnya diberikan link yang mengarah ke produk lampu yang dijelaskan pada artikel tersebut ke halaman Tokopedia.
Apakah sudah tergambarkan tujuan dari pembuatan artikel ini? Jadi kesimpulannya dari artikel tersebut kita bisa memberikan sebuah jawaban dari pertanyaan yang sedang dicari calon audiens kita, kemudian ketika mereka menemukan artikel yang kita buat berikan arahan kepada mereka untuk membuka halaman produk atau jasa untuk menyelesaikan masalah yang sedang mereka hadapi
Paid Traffic
Jika Anda ingin mempercepat untuk mendapatkan audience dengan cepat, Anda bisa mencoba menggunakan traffic yang didapatkan secara berbayar, umumnya yang digunakan adalah iklan berbayar dari platform sosial media seperti Instagram, Facebook, Tiktok, Twitter (x) atau menggunakan google ads.
Dari berbagai macam platform yang disebutkan, apa keunggulan atau kekurangan dari masing-masing platform dan tipe iklan seperti apa yang cocok untuk digunakan dari masing-masing platform tersebut? Simak penjelasannya dibawah ini.
Social Media Ads
Penggunaan sosial media yang sangat masif menjadi salah satu keunggulan yang bisa digunakan untuk menjangkau audience baru dalam memperkenalkan bisnis kita, terlebih lagi platform sosial media saat ini sudah banyak menyediakan jasa untuk iklan ditempat mereka, contohnya Meta (Facebook & Instagram), Tiktok, Twitter (x).
Simak penjelasan dibawah ini untuk jenis-jenis konten iklan yang cocok digunakan pada masing-masing platform.
Meta Ads (Facebook & Instagram)
Dilansir dari NerdBot, diketahui terdapat perbedaan perilaku pengguna facebook maupun Instagram, hal ini juga mempengaruhi konsep materi yang bisa digunakan pada konten-konten yang akan diiklankan.
Untuk traffic Facebook sendiri peranan yang paling kuat adalah database audience yang dimiliki, seperti yang kita ketahui facebook telah hadir sejak 2004 dari hal tersebut kita ketahui bahwa range database yang dimiliki facebook cukup beragam mulai dari remaja hingga tua, sehingga penggunaan konten materi dari berbagai industri akan cocok jika menggunakan platform ini selama target audience yang dituju sesuai dengan industri yang digeluti.
Berbeda dengan Facebook, Instagram penggunanya lebih dominan diisi oleh orang-orang usia remaja yang mana konten-konten untuk platform ini secara natural lebih menonjolkan visual, konten yang interaktif dan cocok juga untuk branding konten yang bekerja sama dengan influencer atau Artis-artis ternama.
Berikut contoh tampilan iklan di Instagram,
contoh iklan di instagram
Sehingga dapat disimpulkan jika Anda ingin mencoba meraih segmentasi audience yang beragam dan range umur yang cukup panjang Anda bisa mencoba menggunakan ads di Meta Ads.
Tiktok Ads
Menurut data yang diperoleh dari Statista, Indonesia menjadi salah satu pengguna TikTok terbesar di region Asia-Pasific perkiraan audiencenya berada di kisaran 110 juta pengguna per tahun 2023, konsep sosial media yang interaktif dan berbasis video ini tentunya sangat memiliki daya tarik bagi penggunanya.
Dilansir berdasarkan sumber yang sama dominansi range umur pengguna tiktok di Indonesia berkisar umur 18-34 Tahun, hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi para pengusaha yang ingin membranding produknya di sosial media tersebut.
Di Tiktok sendiri Anda bisa menggunakan beberapa objektif campaign untuk meningkatkan traffic website Anda seperti awareness, traffic, website conversion dan sales, perlu dicatat karena basis kontennya berupa video, tentunya Anda harus memastikan memiliki tim yang mumpuni untuk membuat konten-konten yang menarik ya!.
Twitter (X)
contoh iklan di twitter
Walaupun format sosial media yang ditonjolkan berupa tulisan, Twitter atau saat ini yang sudah berubah nama menjadi “X” .
Karena format sosial medianya yang berbasis teks atau tulisan, biasanya ketika kita sedang melakukan soft promosi akan tidak terlalu terlihat jika kita bisa merangkai kata dengan baik, bahkan tidak sedikit juga audiens di twitter yang mencari solusi lewat thread dan umumnya utas-utas yang kita buat tersebut selama tulisan yang dibuatnya menarik maka traffic akan datang dengan sendirinya, selain itu juga keunggulan dari Twitter ini kita akan lebih leluasa untuk memberikan informasi secara ringkas dan bisa mendorong terjadinya traffic di website.
Google Ads
Platform ini juga salah satu yang efektif untuk mendapatkan traffic ke website, terlebih lagi audiens umumnya mencari informasi atau solusi dari permasalahan mereka menggunakan google, sehingga selama halaman web yang dituju pada iklan bisa menjawab pertanyaan audiens maka kita akan mendapatkan kualitas traffic google yang baik.
Bagaimana cara meningkatkan traffic menggunakan google ads? Pertama kita bisa mencoba menggunakan iklan google bertipe search dengan objektif iklannya berupa traffic tetapi harus mengetahui halaman mana di website Anda yang berpotensi untuk iklankan
contoh iklan di google ads
Kemudian pastikan kata kunci dengan isi artikel yang dimuat relevan agar audiens bisa mendapatkan jawaban dari permasalahan yang sedang mereka cari, sehingga semakin banyak Anda bisa memberikan jawaban untuk pertanyaan yang dicari audiens maka lama-kelamaan website Anda akan dikenal dan mulai dicari secara organik.
Jika Anda baru ingin memulai meningkatkan traffic website Anda pasti akan butuh waktu lama dan ketekunan dalam prosesnya, tetapi jangan khawatir kami menyediakan beberapa jasa untuk meningkatkan traffic website Anda dengan metode berbayar yang tentunya praktis dan Anda tidak perlu repot-repot mengatur strategi untuk mengaturnya.
Bila tertarik Anda bisa mengunjungi halaman jasa digital marketing milik PAKAR Jasa, untuk tahap awal dalam meningkatkan traffic untuk website Anda, menggunakan jasa SEO milik kami bisa menjadi salah satu solusinya dapatkan pelayanan terbaik oleh PAKARnya.