Setelah Tiktok Shop kembali beroperasi per tanggal 12 Desember 2023. Para business owner harus kembali memikirkan strategi promosi dan penjualan produk mereka di platform tersebut. Salah satu media promosi yang efektif untuk meningkatkan penjualan di platform social commerce tersebut adalah dengan beriklan di Tiktok menggunakan iklan Tiktok Shop. Terdapat 3 jenis iklan Tiktok Shop yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan penjualan pada Tiktok Shop dan meraih profit yang maksimal. Berikut 3 jenis iklan tiktok shop beserta kelebihan dan strategi penggunaannya.
Video Shopping Ads
VSA atau video shopping ads memungkinkan pengguna menggunakan video dari feeds mereka sebagai konten iklan dan juga menampilkan produk pilihan untuk ditampilkan kepada audience yang menerima iklan. Jika Anda baru pertama kali menggunakan iklan Tiktok Shop, sangat disarankan menggunakan tipe iklan ini. Alasannya tipe iklan satu ini memungkinkan Anda untuk menjangkau banyak audience sekaligus meningkatkan trafik toko maupun engagement Tiktok Anda. Ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan dalam menjalankan video shopping ads guna mendapatkan performa yang optimal.
- Maksimalkan penggunaan targeting yang tepat sesuai target market di awal menjalankan iklan.
- Gunakan tipe konten yang sedang viral.
- Tampilkan produk yang relevan dengan konten yang diiklankan atau masih berhubungan dengan produk yang ingin diiklankan.
*contoh: jika menggunakan konten review celana panjang hitam selain produk tersebut, produk yang ditampilkan bisa ditambahkan celana panjang dengan varian lain atau bahkan atasan untuk mix and match. - Rutin melakukan refreshment ads/konten yang kurang perform setidaknya seminggu sekali.
- Lakukan eksperimen/testing berbagai metode guna mendapatkan strategi yang tepat. Hal-hal yang dapat di-testing antara lain meliputi tipe konten, targeting, optimization goal, produk yang diiklankan, dll.
- Rutin Melakukan evaluasi berkala.
Live Shopping Ads
Seperti namanya live shopping ads atau biasa disingkat LSA sangat efektif digunakan bila toko Anda menjalankan “Live Video” di platform Tiktok. Cara Iklan live Tiktok ini memungkinkan user Tiktok untuk menemukan dan menonton live video Anda sehingga membantu meningkatkan trafik penonton dan potensi penjualan melalui live. Berikut beberapa tips untuk memaksimalkan performa live shopping ads.
- Konsisten menjalankan live video.
- Berikan promo khusus yang hanya ada pada saat live video.
- Jalankan live di momen trafik tinggi. Untuk hal ini Anda dapat mengecek pada bagian berikut:
Hover pada bagian campaign name dan klik “View Data” > sesuaikan timeframe (maksimal adalah 7 hari) > pilih metrics yang ingin dilihat
- Pastikan live dijalankan sesuai dengan schedule yang diset pada LSA agar menghindari under spending atau kehabisan budget iklan.
- Rutin Melakukan eksperimen dan evaluasi secara berkala
Product Shopping Ads
Fitur iklan yang satu ini memungkinkan kita untuk mengiklankan produk yang dipilih serta memunculkannya pada kolom pencarian dan rekomendasi ketika calon customer berada di Tiktok Shop. Product shopping ads atau PSA cocok digunakan pada seluruh jenis toko terutama bagi toko yang memiliki banyak SKU. Kelebihan iklan produk ini adalah cenderung memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi karena menarget user yang memiliki buying intent tinggi.
Namun, dalam beberapa kasus bila produk yang ditawarkan adalah produk yang sangat niche akan sangat sulit mendapatkan konversi karena keterbatasan jumlah audience yang dapat dijangkau. Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk menjalankan jenis iklan lainnya seperti video shopping ads & live shopping ads bersamaan dengan iklan produk guna meningkatkan potensi penjualan. Setelah mengetahui cara iklan produk di Tiktok bekerja, berikut beberapa tips untuk PSA.
- Optimalkan judul, tampilan & deskripsi produk pada toko Anda.
- Gunakan targeting yang lebih luas karena pada PSA jumlah audience relatif lebih kecil.
- Lakukan testing pada optimization goal, produk yang diiklankan, promo, audience, dll.
- Rutin melakukan evaluasi secara berkala.
Dari ketiga jenis iklan Tiktok Shop yang tersedia, yaitu video shopping ads , live shopping ads, dan product shopping ads, business owner dapat memilih jenis iklan yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Namun, untuk memaksimalkan potensi penjualan, disarankan untuk menggunakan strategi yang terintegrasi dengan menggabungkan berbagai jenis iklan. Dengan demikian, Anda dapat mencapai hasil yang optimal dan meraih keuntungan maksimal. Selain itu, salah satu poin terpenting dari menjalankan ads adalah rutin melakukan eksperimen dan evaluasi berkala. Tujuannya agar iklan Anda dapat selalu berkembang dan stay relevan dengan tren maupun algoritm yang ada.
Jika Anda seorang business owner atau baru ingin menjalankan iklan di Tiktok Shop dan belum memiliki pengalaman atau waktu untuk mengelola ads, jangan ragu untuk menggunakan jasa iklan Tiktok untuk membantu Anda mengelola strategi promosi dan penjualan produk Anda secara efektif.