Iklan digital — terutama Google Ads — terus berevolusi agar lebih efektif dan relevan. Salah satu inovasi menarik yang layak dicoba oleh para pengiklan atau pemilik brand adalah Dynamic Search Ads (DSA). Dynamic Search Ads adalah fitur yang dapat memunculkan iklan secara otomatis dan adaptif berdasarkan konten situs Anda, tanpa Anda harus menyusun daftar kata kunci secara manual. Artikel ini akan menjelaskan secara mendalam tentang apa itu Dynamic Search Ads, fungsi-fungsinya, serta bagaimana cara kerjanya.
Apa Itu Dynamic Search Ads?
Dynamic Search Ads adalah format iklan Google Ads yang secara otomatis menyesuaikan judul iklan dan halaman tujuan berdasarkan konten situs web Anda. DSA sangat cocok untuk situs yang memiliki banyak produk atau konten dan ingin meminimalkan pekerjaan dalam mengelola kampanye kata kunci. Google menggunakan teknologi crawl web Google untuk menargetkan pencarian yang relevan, memungkinkan pengiklan menjangkau audience yang lebih luas tanpa perlu pemilihan kata kunci secara manual. Hal ini merupakan cara yang cukup baik untuk menargetkan kata kunci yang mungkin terlewatkan ketika melakukan riset kata kunci secara manual.
Apa Saja Fungsi Dynamic Search Ads?
Berikut beberapa fungsi utama dan keuntungan menggunakan DSA:
- DSA sangat efektif untuk menangkap long-tail queries atau frasa yang belum ada di daftar kata kunci kita.
- Dapat menghemat waktu karena prosesnya otomatis.
- Google menyesuaikan headline berdasarkan query dan konten halaman untuk meningkatkan relevansi.
- DSA bisa membawa trafik baru dari istilah pencarian yang belum tertarget sebelumnya.
Bagaiaman Cara Kerja DSA Google Ads?
Kampanye pada DSA Google menganalisis situs Anda, kemudian mengidentifikasi kata kunci yang relevan dengan bisnis Anda, dan secara otomatis membuat iklan untuk menargetkan kata kunci yang paling relevan untuk bisnis Anda. Google Ads secara otomatis menemukan kata kunci yang mungkin tidak Anda targetkan dengan kampanye pencarian Anda.
Ada berbagai cara untuk menargetkan kampanye DSA. Terkait ini bisa menargetkan judul atau Konten halaman tertentu. Kemudian secara otomatis akan menganalisis halaman tersebut dan menemukan kata kunci yang relevan. Kemudian Anda dapat menambah segmentasi audience sebagai penargetan di Google Ads. Hal ini memungkinkan Anda untuk lebih memenuhi syarat pengguna yang melihat iklan Anda. Misalnya, Anda dapat menampilkan iklan Anda kepada audiens target yang sebelumnya mengunjungi situs Anda. Selanjutnya DSA dapat membawa beberapa istilah tidak relevan yang biasanya tidak Anda bid. Sehingga sangat penting untuk Anda memindahkan kata kunci negative yang ada dari kampanye yang lainnya.
Memahami apa itu Dynamic Search Ads adalah salah satu hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan oleh fiturnya yang memungkinkan untuk muncul secara otomatis dan adaptif berdasarkan konten pada situs Anda. Tertarik untuk menggunakan jasa search ads? Hubungi Pakar Jasa sekarang juga!