Tidak diragukan lagi, penggunaan Search Engine Optimization atau yang sering disebut SEO merupakan salah satu elemen pendukung dalam strategi digital marketing, tahukah kamu setiap aspek dari website Anda memiliki peran penting dalam keberhasilan munculnya website kita pada halaman pertama atau bahkan peringkat teratas dalam pencarian Google. Dari banyaknya aspek tersebut terdapat salah satu elemen tersembunyi yang sering kali diabaikan fungsinya yaitu meta description.
Dikutip menurut SEMrush meta description adalah sebuah ringkasan dari artikel atau halaman web yang akan ditampilkan pada hasil pencarian ketika dicari oleh audience pada saat mencari suatu hal.
Penulisannya haruslah memberi tahu audience apa isi dari artikel atau halaman web yang muncul pada mesin pencari, tentunya hal ini bertujuan untuk mendorong orang-orang untuk mengklik halaman tersebut dan menemukan solusi dari permasalahan yang mereka cari.
Lalu kenapa Meta description menjadi salah satu elemen penting pada optimasi pada SEO? Simak penjelasan dibawah ini.
Meta Description di SEO
Meta description erat dikaitkan dengan optimasi SEO karena memiliki kegunaan dalam meningkatkan visibilitas dan daya tarik konten halaman web pada hasil pencarian.
Berikut beberapa alasan mengapa elemen tersebut digunakan menjadi salah satu bagian penting dari strategi optimasi SEO:
Meningkatkan CTR (Click-Through Rate):
Meta description yang baik dan menarik dapat membuat audience lebih cenderung mengklik link ke halaman web Anda ketika melihatnya di hasil pencarian. Dengan kata lain, isi yang relevan dan menarik dapat meningkatkan rasio persentase jumlah click dibanding jumlah penayangan website kita (CTR) dari hasil pencarian.
Menggambarkan Konten:
Memberikan penggambaran singkat tentang apa yang akan audience temui di halaman web Anda. Dengan deskripsi yang tepat, Anda dapat mengkomunikasikan informasi dan kunci dari konten Anda kepada audience yang potensial.
Meningkatkan Relevansi Pencarian:
Google dan mesin pencari lainnya sering menggunakan kata kunci yang dicari oleh audience dalam meta description untuk relevansi halaman web terhadap permintaan pencarian, Hal ini dapat membantu halaman Anda muncul dalam hasil pencarian yang lebih relevan.
Mengurangi Tingkat Bounce Rate:
Ketika meta description memberikan gambaran yang akurat tentang konten halaman web, audience yang mengklik tautan tersebut lebih cenderung tinggal lebih lama di situs Anda. Hal ini dapat mengurangi tingkat bounce rate dan meningkatkan kesempatan untuk berinteraksi lebih lanjut dengan mereka.
Penyertaan Kata Kunci:
Anda dapat memasukkan kata kunci yang relevan ke dalamnya untuk meningkatkan kesesuaian halaman Anda dengan permintaan pencarian yang relevan, hal Ini dapat membantu peringkat halaman Anda untuk kata kunci tertentu.
Lalu bagaimana cara kita memanfaatkan penggunaan meta description ini dengan baik dan ketentuan seperti apa saja yang bisa kita gunakan sebagai acuan dalam optimasi SEO?
Perhatikan beberapa point dibawah ini.
Berapa Jumlah Karakter Maksimum Meta Description di SEO
Dikutip berdasarkan artikel Search Engine Journal idealnya jumlah karakter maksimum dalam penulisan meta description secara best practice di SEO ada pada 160-165 karakter, alasan dibalik hal tersebut adalah untuk menghindari pemotongan pada teks pada hasil pencarian.
Sebenarnya Google sendiri tidak membatasi seberapa panjang kalimat yang ingin dibuat, tetapi Google menyarankan untuk tidak lebih panjang dari paragraf pendek yang ingin ditulis.
Tips Contoh Penulisan Meta Description Yang Benar
Menulis meta description yang efektif adalah salah satu langkah penting dalam strategi SEO dan digital marketing Anda. Berikut adalah beberapa ketentuan dan tips contoh penulisan yang baik:
Singkat dan Padat:
Anda sebaiknya tidak lebih dari 160-165 karakter. Ini untuk memastikan bahwa deskripsi Anda tidak akan dipotong dalam hasil pencarian. Gunakan kata-kata seefektif mungkin untuk menyampaikan pesan Anda dengan singkat.
Relevan dengan Konten:
Mencerminkan secara akurat isi dari halaman web Anda. Ini membantu pengguna dan mesin pencari memahami apa yang diharapkan dari halaman tersebut.
Gunakan Kata Kunci:
Kata kunci yang relevan dapat membantu meningkatkan peringkat halaman Anda dalam hasil pencarian. Pastikan kata kunci tersebut ditempatkan dengan natural dan sesuai konteks.
Deskripsi Menarik:
Buatlah deskripsi yang menarik untuk menarik perhatian pengguna. Berikan alasan bagi mereka untuk mengklik tautan ke halaman Anda. Gunakan daya tarik, tawarkan solusi, atau ungkapkan manfaat yang akan mereka dapatkan.
Begitulah fungsi dari Meta Description yang terkadang terlihat tidak penting namun pada kenyataannya memiliki kontribusi dalam optimasi untuk SEO dan tentunya bisa memberikan kesan pertama yang baik untuk audience ketika mereka menemukan salah satu link artikel website kita di mesin pencarian karena kita menampilkan ringkasan isi dari artikel yang kita buat.
Baca Juga : Optimasi SEO dengan Meta Title & Description