Penggunaan SEO memang sudah cukup umum digunakan, terlebih untuk brand yang membutuhkan visibilitas baik brand baru maupun yang sudah cukup lama, namun dalam penggunaannya, Anda harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan SEO tersendiri.
SEO atau Search Engine Optimization menjadi salah satu peran penting dalam strategi pemasaran online. Kelebihan dan keunggulan dari penggunaannya membuat banyak orang memilih untuk menggunakan SEO ini. Namun seperti halnya dalam setiap strategi, Anda harus memperhatikan kelebihan dan kekurangan SEO yang perlu dipertimbangkan dengan bijak. Berikut beberapa Kelebihan dan Kekurangan SEO
Kelebihan SEO:
- Peningkatan Traffic:
Dengan menggunakan SEO, Brand Anda mendapatkan exposure yang lebih tinggi dibandingkan dengan tanpa penggunaan SEO. Penggunaan SEO meningkatkan Traffic sebesar 100% pada bulan pertama, dan meningkat secara stabil hingga di 6 bulan pertama meningkatkan Traffic sebesar 300%, namun hal ini juga selaras dengan optimasi website yang dilakukan.
- Conversion Rate yang tinggi:
Audience yang mencari produk melalui search engine memiliki intensi untuk melakukan pembelian, baik karena mereka memang butuh atau karena ada alasan lain. Dikutip dari Hubspot, 60% marketer merasa bahwa penggunaan SEO dan strategi inbound lain (blog content, dsb) memberikan hasil lead berkualitas yang paling tinggi.
- Meningkatkan Kredibilitas Brand
Ketika website Anda mendapatkan rank yang tinggi dan langsung terlihat ketika audience mencari produk yang diinginkan memberikan dampak psikologis bahwa brand Anda memang terpercaya dan memberikan kredibilitas yang cukup tinggi, terlebih ketika produk yang ditawarkan memang sesuai dengan yang audience cari.
- Meningkatkan User Experience
Ketika Anda melakukan optimasi untuk web Anda, Anda tidak hanya meningkatkan Search Rank pada Search Engine, tapi juga harus membuat website tersebut ramah pengguna. Website yang teroptimasi biasanya akan ramah pengguna dan beberapa faktor seperti website dengan navigasi yang jelas, waktu loading website yang cukup cepat, dan konten yang berkualitas sangat berpengaruh pada kenyamanan pengguna.
Kekurangan SEO:
- Waktu yang Lama:
SEO membutuhkan waktu yang lama lebih lama dibanding paid ads agar brand nya diiklankan bisa sampai ke audiens. Penggunaan SEO dapat menghabiskan waktu bulanan bahkan hingga tahunan untuk mendapatkan peringkat yang cukup bagus pada search engine. Waktu yang lama ini menjadi permasalahan bagi beberapa marketer yang butuh hasil dengan cepat. selain butuh waktu yang lama perlu adanya konsistensi dalam maintenance SEO agar peringkat kata kunci stabil atau terus meningkat pada search engine.
- Kompetisi yang tinggi
Brand Anda bukan satu-satunya yang menggunakan SEO sebagai strategi bisnisnya. Ketika Anda menggunakan SEO, besar kemungkinan Anda akan bersaing dengan brand-brand lain yang menjual produk yang masih berkaitan dengan keyword audiens, terlebih apabila produk yang Anda jual merupakan produk yang banyak orang cari.
- Algoritma yang Selalu Berubah
Google melakukan update algoritmanya selama beberapa kali dalam satu tahun, sehingga marketer membutuhkan update secara berkala karena strategi yang menghasilkan performa yang bagus bisa saja menjadi tidak perform ketika algoritma baru diaplikasikan.
- Butuh Keahlian Khusus dalam Pelaksanaannya
Selain karena algoritma yang sering di update, sehingga marketer harus up-to-date agar strateginya bisa berjalan dengan baik, ada banyak aspek dari SEO yang harus diperhatikan oleh marketer. SEO bukan hanya tentang menulis, tapi juga menyesuaikan agar tulisan tersebut bisa relate dengan search engine.
Sederhananya SEO bisa menjadi kelebihan atau kekurangan bagi strategi bisnis Anda. Oleh karenanya, perlu perhitungan yang bijak terhadap kelebihan dan kekurangannya ketika memutuskan untuk menggunakan SEO atau tidak. Apabila Anda tertarik namun masih bingung bagaimana untuk memulai, atau merasa terlalu rumit apabila Anda sendiri yang memegang, Anda bisa menyerahkan perihal SEO ini dengan memilih Agensi Jasa SEO yang terpercaya. Dengan menggunakan Agensi, Anda bisa lebih fokus pada hal-hal yang lebih Anda kuasai untuk bisnis Anda.