Salah satu tips yang sering didapat untuk optimasi SEO adalah pengisian meta title dan meta description yang tepat. Apa itu meta title dan meta description? Nah, untuk menemukan suatu hal yang ingin kita ketahui atau kita butuhkan, kita sering mencari jawabannya di Google. Pada halaman hasil pencarian, kita akan menemukan website-website yang menjawab pertanyaan atau kebutuhan kita. Tampilan yang kita lihat biasanya seperti pada gambar berikut ini:
Apa yang kita lihat ini merupakan tampilan dari meta title dan meta description. Meta title dan meta description sebenarnya adalah elemen dari kode HTML. Meta title akan tampil berwarna biru pada bagian atas. Meta title menjadi judul yang menjelaskan halaman web tersebut. Meta description akan menjadi penjelasan lebih panjang atau deskripsi di bawah judul yang tampil berwarna abu-abu.
Jumlah karakter yang akan ditampilkan sebagai judul oleh Google adalah 50-60 karakter. Untuk deskripsi, Google akan menampilkan 120-150 karakter. Lalu bagaimana jika kita memasukan karakter lebih? Kemungkinan besar, Google mengubah tampilan judul dan tampilan deskripsi tersebut. Google biasanya memangkas karakter pada bagian akhir judul atau deksripsi dan mengubahnya menjadi “…”.
Sebenarnya kita tidak perlu membuang waktu terlalu lama untuk memusingkan meta title dan meta description. Jika kita tidak memasukkan meta title dan meta description maka Google secara otomatis mengaturnya untuk kita. Google biasanya mengambil sebagian kalimat-kalimat pada halaman web kita.
Alasan mengapa sebaiknya kita mengatur meta title dan meta description adalah untuk membantu Google Bot memahami apa yang ditampilkan di halaman web kita. Selain untuk Google, judul dan deksripsi juga dapat memberikan kesan dan penjelasan secara singkat dan jelas bagi pengguna mesin pencarian (manusia). Namun, tidak perlu memasukan meta title dan meta description pada semua halaman web. Kita bisa memasukan meta title dan meta description hanya pada halaman-halaman yang ingin kita soroti.
Optimasi SEO melalui meta title & description yang tepat
Apabila ingin membuat tulisan untuk meta title dan meta description gunakanlah kalimat yang menggambarkan apa yang ditawarkan di halaman web kita beserta keunikannya. Hitung juga jumlah karakter agar tampilannya tidak diubah oleh Google. Hindari kalimat yang panjang dan bertele-tele karena belum tentu muat seluruhnya ditampilkan oleh Google. Terakhir, perkirakan apakah judul dan deskripsi dapat menjawab pertanyaan atau kebutuhan pengguna mesin pencarian.
Lalu, agar lebih optimal secara SEO, keberadaan keyword yang menjadi fokus utama halaman wajib ada. Meski demikian, jangan memasukkan terlalu banyak keyword hingga nanti menjadi keyword stuffing yang justru berefek tidak baik. Penentuan meta title dan meta description yang tepat untuk setiap halaman sudah menjadi bagian dari layanan jasa optimasi SEO dari PAKAR Jasa.