Macam-macam iklan TopAds di Tokopedia Macam-macam iklan TopAds di Tokopedia
  • Home
  • Our Services
    • Jasa Facebook & Instagram Ads
    • Jasa Iklan Google Ads
      • Google Search Ads
      • Google Display Ads
    • Jasa Iklan TikTok Ads
    • Jasa SEO
    • Jasa Optimasi Google Business Profile
    • Jasa Optimasi Marketplace
    • Jasa Ads Creative
  • Careers
  • PAKAR Jasa Blog
  • Contact Us
  • Home
  • Our Services
    • Jasa Facebook & Instagram Ads
    • Jasa Iklan Google Ads
      • Google Search Ads
      • Google Display Ads
    • Jasa Iklan TikTok Ads
    • Jasa SEO
    • Jasa Optimasi Google Business Profile
    • Jasa Optimasi Marketplace
    • Jasa Ads Creative
  • Careers
  • PAKAR Jasa Blog
  • Contact Us
  •  
Macam-macam iklan TopAds di Tokopedia

Setelah mengenal macam-macam iklan di Shopee, sekarang kita berkenalan dengan cara-cara promosi yang ada di marketplace “toko hijau”. Tentu sebelum tahu cara beriklan di Tokopedia, perlu kita kenali dulu kira-kira tipe iklan apa yang mau kita gunakan. Setelah mengenalinya, barulah kita bisa tentukan strategi TopAds yang tepat untuk toko kita.

Dari menu “Iklan dan Promosi” di dashboard Tokopedia seller, kita bisa melihat ada berbagai macam channel, salah satunya Facebook CPAS atau Collaborative Ads yang dulu pernah dibahas di artikel ini. Sementara itu, di kesempatan kali ini, kita akan lebih fokus pada TopAds.

Pembagian di TopAds mungkin awalnya tidak terlalu clear-cut. Karena ada beberapa penempatan yang overlap, tapi ada juga jenis yang memiliki penempatannya tersendiri. Untuk membantu sedikit memahaminya, mungkin baik pertama-pertama lebih fokus pada 3 tipe iklan di Tokopedia TopAds, yakni: Iklan Produk, Iklan Kata Kunci, dan Iklan Toko.

Iklan Produk

Di mana Iklan Produk muncul? Ini pertanyaan yang juga dicantumkan di halaman bantuan Tokopedia:

Tangkapan layar halaman bantuan Tokopedia dengan teks: "Di mana Iklan Produk akan muncul? Produk Toppers akan muncul di Halaman Beranda, Kotak Masuk, Keranjang, Halaman Produk, Hasil Pencarian."

Sumber: https://www.tokopedia.com/help/article/faq-seputar-iklan-per-klik

Bisa dibilang, ini tipe iklan yang muncul di banyak placement sekaligus. Kapan iklan ini akan muncul ditentukan oleh berbagai macam faktor, seperti kata-kata pencarian yang digunakan oleh pengguna Tokopedia, nama produk yang diiklankan, kategori produk, performa review dan penjualan produk, dan lain sebagainya.

Iklan Kata Kunci

Iklan ini akan muncul di halaman pencarian.

Tangkapan layar halaman bantuan Tokopedia yang mengandung tulisan: "Keuntungan Menggunakan Fitur Kata Kunci: 1. Memperbayak peluang pembeli menemukan produk-mu di halaman pencarian. 2. Memperluas dan memperpanjang penamaan produk-mu."

Sumber: https://seller.tokopedia.com/edu/fitur-kata-kunci/

Nah, berarti ini overlapping dong dengan Iklan Produk? Memang Iklan Produk juga muncul di halaman pencarian. Tapi, Iklan Kata Kunci ini berfungsi untuk menambahkan lagi kemunculan produk Anda di pencarian-pencarian yang menggunakan kata-kata yang belum ada di nama produk.

Nama produk di Tokopedia memiliki batasan jumlah karakter. Sementara suatu produk bisa punya banyak istilah. Tanpa harus menambahkan begitu banyak istilah di nama produk, kita bisa tambahkan di Iklan Kata Kunci. Sehingga, iklan kita dapat tetap muncul di pencarian-pencarian yang kata kuncinya belum tercantum di nama produk.

Iklan Toko / Iklan Headline Tokopedia

Jenis ketiga iklan Tokopedia yang cukup mudah dipahami adalah Iklan Toko yang dahulu bernama Iklan Headline. Ini mudah dipahami karena Iklan Toko memiliki penempatan tersendiri yang berbeda dari Iklan Produk dan Iklan Kata Kunci.

Contoh tampilan pratinjau sebuah banner Iklan Toko

Iklan ini muncul sebagai banner teratas yang berada di halaman pencarian. Produk-produk yang diiklankan akan muncul di dalam banner, bukan katalog yang ada di halaman pencarian. Oleh karenanya, jangan bingung jika di Iklan Toko ini kita perlu memasukkan kembali kata kunci dan jangan sampai rancu dengan Iklan Kata Kunci.

Dari 3 tipe iklan yang sudah itu, ada lagi 2 tipe iklan lain yang sebenarnya bukan jenis iklan berdasarkan penempatannya, melainkan lebih ke cara beriklan yang berbeda. Dua tipe iklan tambahan ini adalah Iklan Otomatsi dan Iklan Tanpa Modal.

Iklan Otomatis Tokopedia

Jika kita sudah pernah mencoba Iklan Produk dan Iklan Kata Kunci, tentu akan pernah mengalami tahap pengaturan berapa biaya klik per hari, berapa anggaran untuk kelompok iklan A, berapa bidding kata kunci X, dan seterusnya. Jika merasa kesulitan dengan banyak pengaturan itu, maka kita bisa memilih Iklan Otomatis Tokopedia.

Di sini, kita cukup memasukkan berapa besar anggaran harian. Dari situ, Tokopedia akan berusaha mengoptimalkan sendiri produk apa yang diiklankan, berapa besaran bidding-nya, dan seberapa besar suatu produk akan mendapatkan anggaran. Ketika ini diaktifkan, maka semua Iklan Produk akan diatur secara otomatis oleh Tokopedia dan kita tidak bisa melakukan pengaturan secara lebih spesifik.

Iklan Tanpa Modal

Iklan Tanpa Modal merupakan satu tipe iklan baru Tokopedia dan mungkin belum semua toko bisa mencoba fiturnya. Kita boleh menganggap ini sebagai sebuah tipe iklan otomatis, tapi kita perlu mengatur biaya per penjualan yang terjadi dari Iklan Tanpa Modal ini. Ya, jadi jika di tipe iklan lain kita mengatur bidding per klik atau per 1.000 kali tayangan, di Iklan Tanpa Modal ini kita hanya cukup membayar jika produk kita terjual dari iklan.

Bisa dibilang inilah salah satu cara beriklan gratis di Tokopedia. Karena jika tidak ada penjualan dari Iklan Tanpa Modal, kita tidak perlu membayar apa-apa. Ini menjadi sebuah alternatif iklan berisiko rendah bagi pemilik toko. Iklan ini dapat berjalan berdampingan dengan tipe iklan lain.

Demikian berbagai macam iklan Tokopedia, khususnya iklan TopAds. Ada berbagai macam optimalisasi yang perlu dilakukan agar iklan dapat berjalan menguntungkan. Konsultasikan dengan kami untuk mengeksplorasi lebih lanjut peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan di marketplace.

Read More
Algoritma Iklan Facebook dan Instagram

Jika Anda ingin beriklan menggunakan Facebook dan Instagram tentunya Anda harus memahami bagaimana algoritma iklan Facebook dan Instagram bekerja agar tujuan iklan Anda tercapai secara optimal.

Pada Facebook Business Manager (FBM), terdapat 11 objektif yang masing-masing memiliki algoritmanya tersendiri. Objektif adalah tujuan yang ingin dicapai dari iklan.

Jenis-jenis Objektif pada iklan Facebook Ads Manager (FBM)
Objektif pada iklan Facebook Ads Manager (FBM)

Facebook membagi tahapan iklan menjadi 3 yaitu Awareness, Consideration dan Conversion.

Awareness

Optimasi iklan Awareness akan menekankan exposure iklan yang tinggi supaya brand Anda dikenal luas (Brand Awareness) atau iklan Anda bisa menjangkau banyak orang (Reach). Singkat kata, dengan Awareness ini Anda mengusahakan agar iklan Anda bisa menarik sebanyak mungkin perhatian market baru.


Consideration

Iklan dioptimasi untuk orang yang sudah familiar dengan brand Anda agar mereka melakukan suatu aksi seperti klik link iklan (Traffic), like komen share (Engagement), unduh aplikasi (App Installs), menonton video (Video Views), isi form Facebook (Lead Gseneration), mengirim pesan (Messages).

Conversion

Iklan dioptimasi agar orang yang sudah memiliki ketertarikan tersebut untuk melakukan aksi final yang berujung kepada pembelian secara online (Conversions dan Catalog Sales) maupun pembelian offline dengan mengunjungi lokasi toko fisik Anda (Store Traffic). Algoritma Conversion ini cocok sekali jika target Anda adalah untuk meningkatkan sales.

Penggunaan target audience yang sama pada objektif yang berbeda akan memberikan hasil yang berbeda dikarenakan perbedaan algoritma objektif tersebut.

Misalnya Anda menggunakan target audience yang memiliki ketertarikan pada “Fashion Wanita” kemudian memasang iklan dengan objektif Reach dan Conversions.

Pada campaign Reach, jumlah penerima iklan akan lebih banyak ketimbang campaign Conversions. Namun bisa saja tidak ada penjualan yang didapatkan karena penjualan bukan prioritas dari objektif Reach.

Sebaliknya pada campaign Conversions, Facebook akan memprioritaskan pengiriman iklan ke orang-orang yang dinilai berpotensi untuk melakukan pembelian. Hal ini akan menyebabkan jumlah penerima iklan (reach) yang didapatkan itu lebih sedikit karena targetnya yang spesifik.

Anda bisa menggunakan lebih dari 1 objektif jika diperlukan. Apapun strategi iklan Anda, jika Anda memahami bagaimana algoritma dari tiap objektif bekerja, tentunya iklan bisa berjalan maksimal dan Anda bisa lebih mudah menyelesaikan masalah yang ada. Jika terasa sulit, gunakan jasa iklan facebook dan instagram dari PAKAR Jasa!

Read More
Mengenal Jenis – Jenis Iklan Shopee

Beriklan di shopee memungkinkan seller atau penjual untuk memasang iklan produk di dalam aplikasi dan situs shopee sehingga produk dan toko anda dapat dilihat oleh banyak pengguna. Untuk mengakses iklan shopee ini, anda bisa mengaksesnya melalui seller center ataupun aplikasi shopee secara langsung. Selain itu, ada beberapa jenis iklan yang disediakan oleh shopee. Agar lebih jelas, berikut penjelasan mengenai jenis – jenis iklan yang ada pada fitur shopee iklanku.

Read More
Facebook dan Instagram di iOS 14: Apa dampaknya terhadap iklan?

Beberapa waktu belakangan ini para praktisi digital marketing dihebohkan dengan rencana update iOS 14 dari Apple. Sepertinya akan ada beberapa implikasi update tersebut terhadap iklan digital yang saat ini berjalan.

Facebook sendiri sudah menyatakan sikap penolakannya terhadap rencana tersebut karena tentunya bisa berpengaruh terhadap para pemasang iklan digital, terutama dari golongan UMKM. Tapi, sebetulnya apa saja dampak dari update iOS 14 tersebut terhadap iklan Facebook?

Read More
Cara Memilih Digital Marketing Agency Terbaik

Bagi Anda yang punya bisnis atau bekerja di bidang marketing, mungkin ada saat di mana Anda akan membutuhkan bantuan pihak lain untuk membantu Anda menjalankan aktivitas marketing. Bisa jadi karena Anda sudah terlalu sibuk untuk menjalankan marketing campaign sendirian, atau membutuhkan bantuan pihak yang lebih ahli, atau mungkin juga karena bisnis Anda berkembang pesat sehingga butuh bantuan agensi untuk bisa bergerak lebih cepat.

Read More
Apa Bedanya Iklan Traffic dengan Conversions di Facebook dan Instagram?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita harus kembali melihat lagi kepada struktur iklan di Facebook. Ini berlaku juga di Instagram, karena iklan di dua penempatan tersebut diatur di tempat yang sama, Facebook Ads Manager. Secara struktur, objective dipilih di level Campaign. Dan di level Campaign tersebut terdapat banyak pilihan objective iklan yang bisa dipilih, mulai dari Brand Awareness, Video Views, Lead Generation, Traffic, Conversions, dan beberapa pilihan objective lainnya.

Read More
Cara Beriklan di TikTok

TikTok sudah menjadi salah satu app pertama yang dikunjungi banyak orang ketika ingin menonton video-video pendek yang menghibur. Keberadaan TikTok menjadi sebuah peluang baru bagi para pebisnis. Mari berkenalan dengan TikTok Ads sekilas di artikel ini.

Read More
Mengukur keberhasilan campaign digital marketing

Dalam menjalankan sebuah campaign digital marketing, tentunya kita punya suatu tujuan yang ingin dicapai. Tujuannya pun bisa berbeda-beda, ada yang ingin meningkatkan sales, ada yang ingin meningkatkan brand awareness, ada yang ingin supaya apps nya banyak di-download, dan lain sebagainya.

Read More
Collaborative Ads: Mengukur penjualan hasil iklan dari Facebook dan Instagram ke toko online di marketplace

Sebagai pemilik toko online di marketplace (seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, dan lain-lain) Anda tentu sudah mengenal berbagai macam cara untuk beriklan. Yang pertama, beriklan di marketplace itu sendiri. Yang lain, beriklan di media sosial lalu diarahkan ke toko online Anda di marketplace. Yang terakhir itu, bukan perkara rumit.

Read More
Cara Membuat Katalog Facebook untuk Instagram Shopping dan Dynamic Ads

Facebook memberikan fitur katalog yang mempermudah Anda memajang produk yang Anda ingin jual. Satu item produk dalam sebuah katalog bisa memuat informasi berupa judul, gambar, deskripsi, kategori, ketersediaan produk, URL, dan masih banyak lagi. 

Read More

Pos-pos Terbaru

  • A/B Testing Adalah: Arti, Fungsi, dan Cara Melakukannya
  • Brand Awareness Artinya, Cara Mengukur, dan Meningkatnya
  • Perbedaan ROI dan ROAS: Mana yang Lebih Penting?
  • LSI Keyword Adalah: Pengertian, Peran dalam SEO, Cara Mencarinya
  • CPM Adalah: Arti, Cara Menghitung, dan Optimasinya

Komentar Terbaru

  • admin pada Collaborative Ads: Mengukur penjualan hasil iklan dari Facebook dan Instagram ke toko online di marketplace
  • arifin pada Collaborative Ads: Mengukur penjualan hasil iklan dari Facebook dan Instagram ke toko online di marketplace
  • Sales PAKAR Jasa pada Collaborative Ads: Mengukur penjualan hasil iklan dari Facebook dan Instagram ke toko online di marketplace
  • ikrom pada Collaborative Ads: Mengukur penjualan hasil iklan dari Facebook dan Instagram ke toko online di marketplace
  • admin pada Cara Menambahkan Fanpage ke Business Manager Facebook

Arsip

  • Juni 2025
  • Mei 2025
  • April 2025
  • Maret 2025
  • Februari 2025
  • Januari 2025
  • November 2024
  • Agustus 2024
  • Juli 2024
  • Juni 2024
  • Mei 2024
  • April 2024
  • Maret 2024
  • Februari 2024
  • Januari 2024
  • Oktober 2023
  • September 2023
  • Agustus 2023
  • Juli 2023
  • Juni 2023
  • Mei 2023
  • Juni 2021
  • Februari 2021
  • Januari 2021
  • Desember 2020
  • November 2020
  • Oktober 2020
  • Agustus 2020
  • Juni 2020
  • Mei 2020
  • April 2020
  • Maret 2020
  • Agustus 2019
  • September 2018
  • Agustus 2018
  • Mei 2018

Kategori

  • Facebook Marketing
  • Facebook Page
  • General Digital Marketing
  • Google Ads
  • Instagram
  • Marketplace
  • SEO
  • TikTok
  • WordPress

Paginasi pos

« 1 … 9 10 11 »

© Copyright 2024
PT Pakar Akselerasi Ekonomi
PAKAR Jasa
Digital Marketing Agency

  • Jasa Facebook & Instagram Ads
  • Jasa Iklan Google Ads
  • Jasa Iklan Google Search Ads
  • Jasa Iklan Google Display Ads
  • Jasa Iklan TikTok Ads
  • Jasa SEO
  • Jasa Optimasi Google Business Profile
  • Jasa Optimasi Marketplace
  • Jasa Ads Creative
  • Jasa Pembuatan Website
  • Jasa Landing Page
  • Jasa Konsultasi Internet Marketing
  • Jasa Setup Instagram Shopping
  • Jasa Perbaikan WordPress Terkena Virus/Malware
  • Jasa Verified Akun Instagram