Ketatnya persaingan di era digital menjadikan banyak pebisnis mencoba berbagai cara untuk bisa memperluas pasarnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah menggunakan lead ads berupa instant form di Facebook maupun Instagram. Namun, apa saja syarat yang diperlukan untuk menjalankan lead ads di Facebook? Dan bagaimana panduan menjalankannya? Simak pembahasan berikut.
Syarat Menjalankan Lead Ads Facebook
Untuk bisa menjalankan iklan lead, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu
Memiliki kebijakan privasi perusahaan
Kebijakan privasi tidak harus dibuat khusus untuk lead ads. Jika bisnis Anda sudah memiliki kebijakan privasi, maka dapat digunakan asalkan memenuhi syarat yang sudah ditetapkan seperti; informasi yang dikumpulkan, penggunaan informasi tersebut, apakah data yang sudah disubmit dapat dihapus atau di-edit kemudian hari, apa data yang diberikan akan terhubung dengan pihak ketiga, bagaimana perusahaan menginformasikan perubahan kebijakan privasi, dan tanggal efektif kebijakan tersebut berlaku.
Memastikan pertanyaan di dalam form sesuai dengan kebijakan periklanan Facebook
Meskipun form ini digunakan untuk mengumpulkan informasi, namun ada beberapa hal penting yang tidak boleh ditanyakan yang berkaitan dengan SARA dan informasi pribadi. Untuk selengkapnya dapat dilihat di standard komunitas iklan Facebook.
Setelah memenuhi kedua syarat tersebut, lantas bagaimana cara membuat instant form?
Cara Membuat Instant Form Facebook Melalui Ads Manager
Ads Manager
Masuk ke Ads manager dan buat campaign baru dengan objective leads. Kemudian pada level ad set, pilih instant form sebagai lokasi konversi yang diinginkan dan jangan lupa tentukan audience dan placement yang ingin digunakan. Selanjutnya, pada level ad, Anda bisa memilih create form untuk memunculkan form editor. Pada bagian ini, Anda dapat menyesuaikan tipe form sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mencari leads.
Gambar 1. Pemilihan objektif instant form di ads manager
Instant Form Editor
Ada 5 bagian yang perlu diperhatikan ketika set up form
Form Type
Pada bagian ini, Anda bisa memilih tipe form yang akan digunakan untuk disesuaikan dengan kebutuhan leads yang Anda cari. Gunakan more volume untuk form yang singkat dan di submit melalui mobile device, higher intent untuk menambahkan step review agar audience bisa melakukan pengecekan data yang di submit, dan rich creative untuk mengintegrasikan gambar, branding, pesan termasuk juga About Us dan detail produk Anda.
Gambar 2. Tipe form yang dapat dipilih
Intro
Dalam intro, Anda bisa memilih menggunakan gambar iklan anda ataupun menggunakan gambar yang diupload untuk menjadi background image yang bisa digunakan di form. Selanjutnya pada bagian greeting, Anda bisa menampilkan headline dan juga deskripsi mengenai form yang Anda isi. Bagian ini tidak wajib, namun akan memberikan gambaran kepada audience mengenai form Anda.
Questions
Ada 2 tipe pertanyaan yang bisa Anda gunakan, yaitu custom questions dan prefill questions.
Gambar 3. Jenis pertanyaan yang dapat dimasukan ke dalam instant form
Custom Questions
Jumlah maksimal yang bisa digunakan adalah 15 pertanyaan. Untuk custom questions, Anda bebas untuk membuat berbagai opsi pertanyaan asalkan tidak mengulangi pertanyaan dari prefill questions.
Prefill Questions
Tipe pertanyaan ini sudah disediakan Facebook untuk lead ads. Semua opsi pertanyaan yang bisa dipilih akan otomatis terisi dari informasi Facebook. Beberapa informasi yang bisa ditanyakan adalah informasi kontak, demografi dan pekerjaan.
Privacy Policy
Pada bagian ini, Anda bisa memasukan URL kebijakan privasi yang sudah Anda miliki. Bagian ini wajib untuk diisi sebagai bentuk perlindungan data kepada audience. Nantinya, kebijakan privasi akan muncul bersamaan dengan disclaimer dari Facebook.
Message for Leads
Tahapan terakhir sebelum iklan Anda bisa diaktifkan, Anda perlu menyiapkan pesan untuk audience yang sudah selesai mengisi form. Selain itu, Anda bisa mengarahkan audience untuk masuk ke website atau membuka file seperti katalog produk Anda, dan juga melakukan panggilan kepada bisnis Anda. Setelah selesai, Anda bisa pilih create form dan set up ads seperti biasa.
Setelah memahami cara menjalankan lead ads menggunakan instant form, Anda dapat mulai mengumpulkan leads untuk bisnis Anda. Namun perlu diingat, cara ini hanya merupakan salah satu sarana yang akan membantu bisnis Anda. Jika Anda masih bingung bagaimana menjalankan lead ads Facebook yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa iklan Facebook yang berpengalaman untuk membantu Anda mendapatkan leads yang berkualitas.