Riset keyword adalah hal pertama dan utama yang dilakukan untuk mengoptimasi website Anda agar menjadi SEO-Friendly. Hal ini adalah bagian terpenting dari optimasi on-page SEO yang akan menentukan performa SEO kedepannya. Namun, bagaimana cara yang tepat untuk melakukannya? Yuk, pelajari selengkapnya di artikel ini!
Apa Itu Riset Kata Kunci?
Riset kata kunci adalah serangkaian kegiatan untuk menganalisis dan memilih keyword yang akan digunakan dalam website. Pemilihan keyword ini sangat penting untuk search engine seperti Google maupun untuk user yang mengunjungi website kita. Kunci dari keyword research adalah kesesuaian dengan isi website yang diinginkan. Dengan memilih keyword yang relevan, search engine akan mudah memahami keseluruhan isi website kita dan juga para user akan memiliki experience yang menyenangkan karena konten website sesuai dengan apa yang dicari.
Tools Riset Keyword yang Sering Digunakan
Banyak tools yang tersedia untuk membantu melakukan keyword research, beberapa yang sangat umum digunakan adalah:
Google Keyword Planner
Google Keyword Planner adalah tools resmi dari Google yang dapat Anda gunakan secara gratis jika Anda memiliki akun Google Ads. Kelebihan dari tools ini adalah mampu memberikan data secara akurat sesuai dengan database dari Google yang merupakan search engine yang umum digunakan di Indonesia. Dengan demikian, data dari Google Keyword Planner dapat menjadi data yang terpercaya untuk dijadikan sebagai bahan riset keyword.
Dalam tools ini, Anda dapat mencari berbagai keyword lain yang relevan dengan keyword utama yang Anda cari beserta informasi lainnya, seperti search volume, perubahan volume pencarian setiap bulannya, hingga kategori kompetisi dari keyword tersebut. Namun, kekurangan dari tool ini adalah terdapat beberapa kategori keyword yang tidak tersedia, seperti keyword terkait kesehatan, politik, dan lainnya. Dengan demikian, diperlukan tools lain jika Anda ingin mengoptimasi website yang berkaitan dengan topik tersebut.
Ahrefs
Tools lain yang dapat digunakan adalah Ahrefs. Setelah membuat akun, Anda dapat membuka bagian “Keywords Explorer” dan mulai mencari keyword yang ingin Anda targetkan. Sama dengan Google Keyword Planner, Ahrefs juga akan menampilkan volume pencarian, tingkat kompetisi, serta berbagai keyword lain yang relevan. Keunggulan dalam Ahrefs adalah tool ini juga menampilkan website apa saja yang ranking pada keyword tersebut, sehingga Anda dapat sekaligus melakukan riset kompetitor untuk website Anda.
Keywordtool.io
Selain Google Keyword Planner dan Ahrefs, tool lain yang dapat digunakan adalah keywordtool.io. Sama seperti tools lainnya, keywordtool juga akan menampilkan berbagai keyword yang terkait serta search volume dan kompetisinya. Namun, Anda harus upgrade ke versi Pro untuk dapat melihat hasil yang lengkap.
Cara Riset Keyword yang Mudah dan Tepat
Setelah mengetahui tools apa saja yang dapat mempermudah riset keyword, kini waktunya mengetahui bagaimana cara melakukan keyword research yang tepat untuk hasil SEO yang maksimal:
Tentukan Tujuan SEO Terlebih Dahulu
Sebelum Anda melakukan optimasi SEO, Anda harus menentukan apakah optimasi SEO ditujukan untuk mendapatkan sales atau sebatas agar website Anda semakin sering muncul di hasil pencarian. Jika Anda bertujuan untuk meningkatkan sales, maka keyword difokuskan pada transactional terms seperti produk spesifik dan dapat ditambahkan dengan powerful keyword seperti “murah”, “terbaik”, dan lainnya. Beberapa contoh keyword yang cocok untuk meningkatkan penjualan: “jual [produk]”, “[produk] murah”, “beli [produk]”.
Berbeda jika Anda bertujuan untuk meningkatkan impression atau traffic, Anda dapat memfokuskan pada keyword yang lebih general dan cenderung mengarah ke informasi. Dengan demikian, Anda dapat menargetkan keyword sesuai produk atau kategori produk saja.
Cari Keyword dengan Volume Pencarian Terbesar
Ketika Anda sudah mengetahui keyword seperti apa yang ingin ditargetkan, Anda dapat melanjutkan dengan mencari search volume melalui tools yang telah dijelaskan. Kemudian, Anda dapat mengurutkan keyword-keyword dari volume pencarian yang terbesar hingga terkecil. Setelahnya Anda dapat memilih keyword yang memiliki hasil pencarian yang banyak.
Cara Keyword yang Relevan
Selain melihat indikator pencarian yang terbanyak, Anda dapat menyortir keyword yang relevan dengan keyword utama Anda. Dari keyword itu, Anda dapat menjadikannya sebagai subheading dalam halaman.
Riset keyword merupakan langkah penting untuk memaksimalkan performa SEO. Namun, jika Anda merasa kesulitan, jasa SEO dari PAKAR Jasa siap membantu. Anda dapat cari tahu jasa SEO selengkapnya di sini dan hubungi PAKAR Jasa sekarang!