Saat memasuki dunia optimasi mesin pencari atau SEO (Search Engine Optimization), Anda pasti sering mendengar istilah SEO On Page dan SEO Off Page. Keduanya adalah strategi kunci dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Namun, apa sebenarnya perbedaan antara keduanya, dan komponen apa yang termasuk dalam masing-masing kategori? Mari kita bahas lebih lanjut.
Apa Itu SEO On Page dan SEO Off Page?
Para pemilik situs web, pelaku bisnis digital, dan blogger tentu sudah familiar dengan Search Engine Optimization (SEO) sebuah metode yang diterapkan untuk memperbanyak kunjungan ke situs web.
Metode ini dikelompokkan menjadi dua kategori, yakni SEO on page dan SEO off page. Keduanya memegang peranan krusial dalam menyukseskan strategi optimasi mesin pencari.
SEO on page adalah teknik optimasi dengan cara mengoptimalkan konten serta beberapa hal teknis yang terdapat pada halaman website. Sedangkan, SEO off page adalah teknik optimasi dengan cara mengoptimalkan website secara eksternal atau dari luar website.
Teknik SEO on page lebih fokus pada hal-hal yang dapat membuat konten website menjadi SEO-friendly. Dengan kata lain, SEO on page lebih fokus pada konten dan hal-hal internal. Sementara, SEO off page lebih fokus pada hal-hal eksternal.
Komponen SEO On Page
Berikut komponen dari teknik SEO On Page yang dapat mempengaruhi peringkat website Anda di halaman hasil pencarian, antara lain:
Headings
Heading merupakan judul yang terdapat pada konten sebuah website. Biasanya, judul ini bisa terdiri atas beberapa macam, seperti judul utama, sub-judul, dan sub-sub-judul. Sebuah judul memiliki peran yang lebih besar dibandingkan isi konten. Karenanya, tempatkan kata kunci secara alami pada setiap judul konten.
Satu konten umumnya memiliki lebih dari satu judul, yang terbagi dalam: Judul 1 (H1), judul 2 (H2), judul 3 (H3), dan seterusnya. Namun, perlu selalu diingat bahwa sebaiknya hanya ada satu judul 1 (H1) dalam setiap konten. Sedangkan judul lainnya bisa diatur sebagai sub judul atau judul 2 (H2), judul 3 (H3), maupun seterusnya.
Struktur URL
Jika kita analogikan sebuah website sebagai sebuah rumah, maka URL (Uniform Resource Locator) merupakan alamat dari rumah tersebut. Sebaiknya, URL mengandung kata kunci yang relevan. Namun, jika konten atau website telah dipublikasikan tanpa kata kunci dalam URL, lebih baik tidak mengubah struktur URL tersebut.
Perancangan struktur URL juga memainkan peran penting dalam membantu Google mengenali dan memahami isi sebuah website dengan lebih mudah. Struktur URL bisa didesain berdasarkan kategori halaman atau hierarki halaman yang ada.
ALT Text pada Gambar
Menambahkan teks alternatif di setiap gambar merupakan hal wajib yang wajib dilakukan. Tindakan ini membantu pembaca tunanetra untuk memahami konten pada situs Anda melalui gambar.
Sertakan kata kunci yang sesuai dan deskripsikan dengan jelas agar Google mudah mengenali halaman Anda. Pastikan Anda mengikuti WCAG (Web Content Accessibility Guidelines) saat menambahkan teks alternatif, seperti:
- Jelaskan gambar dalam 8-10 kata.
- Masukkan kata kunci dengan alami.
- Sisipkan lokasi jika diperlukan.
- Hindari pemakaian kata kunci yang terasa dipaksakan atau tidak sesuai dengan gambar.
Page Speed
Aspek kecepatan halaman atau page speed, berhubungan dengan seberapa cepat Google dapat membantu pengguna mengakses halaman yang mereka cari. Dengan kecepatan halaman yang baik, situs Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk berada di posisi teratas hasil pencarian Google.
Google menyediakan alat bernama PageSpeed Insights yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja situs Anda, baik di perangkat seluler maupun desktop. Hasil dari alat ini memberikan rekomendasi yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan kecepatan halaman situs Anda.
Konten Halaman
Konten pada situs Anda haruslah yang bermanfaat bagi pengunjung agar saat pengunjung mencari suatu topik yang relevan maka situs Anda berada pada urutan pertama.
Mesikpun tidak ada ketetapan khusus dari Google, usahakan konten pada website Anda mengandung minimal 500 kata untuk setiap halaman. Tempatkan kata kunci pada bagian judul, awal paragraf, tengah, dan akhir konten secara alami.
Internal Link
Internal link adalah suatu teknik di mana suatu konten dihubungkan dengan halaman lain di dalam situs yang sama melalui tautan. Dengan mengaitkan halaman-halaman relevan dalam situs Anda, Anda membangun jaringan konten yang saling terkait yang tidak hanya membantu pengunjung menemukan informasi tambahan tetapi juga meningkatkan struktur dan hierarki situs Anda. Teknik ini ketika dilakukan dengan benar dapat memberi dorongan pada peringkat situs Anda di mesin pencari.
Anchor text biasanya ditandai dengan teks berwarna biru dan digarisbawahi, memainkan peran penting dalam teknik ini. Ini adalah kata atau frase yang menjadi “jembatan” menuju halaman lain di situs Anda. Dengan memilih anchor text yang relevan dan deskriptif, Anda tidak hanya memberi tahu pengunjung tentang apa yang dapat mereka harapkan saat mengklik link, tetapi juga memberi tahu mesin pencari tentang konten dari halaman yang ditautkan, memaksimalkan manfaat SEO dari internal linking.
Mobile-Friendliness
Bagaimanakah kenyamanan website Anda ketika dibuka melalui perangkat mobile? Di era Mobile-First ini, keberoptimalan situs web untuk perangkat mobile bukan lagi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan. Saat ini, kecepatan pemuatan halaman untuk perangkat seluler menjadi fokus utama Google. Mobile-Friendly Test disediakan untuk membantu Anda mendeteksi hambatan atau isu yang mungkin muncul ketika pengguna mengunjungi situs Anda via mobile. Pastikan Anda tidak tertinggal di era ini dengan memastikan website Anda responsif dan ramah seluler.
Komponen SEO Off Page
Sama seperti On Page SEO, Off Page SEO juga memiliki komponen yang mendukung kinerja teknik promosi website, meliputi:
Backlink
Backlink adalah backlink adalah saat website lain mengutip website kita. Backlink yang berkualitas bisa membantu meningkatkan otoritas dan peringkat website Anda di mesin pencari. Berikut adalah beberapa tips untuk mendorong content creator atau blogger lain untuk mengutip atau memberikan backlink ke website Anda :
- Desain konten yang memikat sehingga memotivasi website atau blogger lain untuk mengacu pada konten Anda.
- Kerjasama dalam pembuatan konten berkualitas dengan penulis atau content creator lain.
- Selain menyediakan konten yang berkualitas, pertimbangkan pula untuk berkolaborasi dalam mempromosikan konten dengan blogger lain.
- Pastikan konten yang Anda buat selalu otentik, khas, dan sesuai dengan tone masing-masing pembuat konten.
- Membagikan konten jika ada pembahasan relevan di media sosial atau forum-forum.
Domain Authority
Domain Authority (DA) adalah skor untuk memperkirakan seberapa baik peringkat website Anda dibandingkan dengan website lainnya pada mesin pencarian. Sistem peringkat ini dikembangkan oleh Moz. Nilai untuk skor ini adalah 1 sampai 100. Semakin tinggi skor nya maka semakin mudah untuk masuk di halaman pertama mesin pencarian. Skor ini dinilai oleh Google berdasarkan usia, popularitas, dan ukuran domain.
Melakukan Promo Sosial
Anda dapat mempromosikan situs web Anda melalui berbagai saluran, termasuk media sosial, surel, dan sebagainya. Aktivitas promosi ini esensial dalam meningkatkan kesadaran yang pada akhirnya akan mempengaruhi lalu lintas situs, peringkat, serta kredibilitas website.
Mengoptimalkan website tidak hanya mengenai satu aspek saja. Baik SEO On Page maupun SEO Off Page keduanya memiliki peranan yang sangat krusial dalam meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Meskipun keduanya memiliki fokus yang berbeda, kedua teknik ini harus diterapkan secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Memahami dan menerapkan komponen-komponen dari kedua teknik ini dengan tepat dapat meningkatkan kredibilitas, peringkat, dan lalu lintas situs Anda.
Dalam era digital yang terus berkembang, memastikan situs Anda teroptimasi dengan baik di mesin pencari sangatlah penting. Jika Anda merasa membutuhkan bantuan dalam meningkatkan optimasi situs Anda, pertimbangkan untuk menggunakan jasa SEO profesional kami siap membantu Anda mewujudkan tujuan tersebut.