Definisi singkat pengertian SEO off page adalah segala upaya atau taktik untuk mengoptimasi pencarian di luar dari struktur website. SEO off page sering dikaitkan dengan kegiatan backlink atau link building, tetapi ada lebih banyak taktik yang bisa diimplementasikan jika Anda ingin mengoptimalkan ranking SEO Anda. Namun, perlu diingat bahwa SEO off page saja tidak dapat membantu situs Anda dalam peningkatan ranking SEO. Anda harus menggabungkannya dengan strategi SEO on page untuk mencapai kesuksesan secara keseluruhan. Pada pembahasan kali ini Anda akan menemukan informasi terkait taktik dan contoh SEO off page yang efektif untuk meningkatkan peringkat pencarian Google Anda.
Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page
SEO on page dan SEO off page adalah dua komponen penting dari SEO, masing-masing memiliki perannya tersendiri dan harus Anda kombinasikan untuk meningkat performa SEO website. Mari kita bahas perbedaannya.
No | SEO On Page | SEO Off Page |
1. | SEO On page meliputi pembuatan konten yang bagus, pemilihan dan penempatan kata kunci, heading, dll. | SEO Off page mencakup pembuatan link building, backlink, domain authority, dll. |
2. | Memiliki kontrol penuh | Memiliki kontrol yang terbatas |
3. | On page tentang isi website | Off page tentang seberapa popular website |
4. | Fokus analisa & optimasi struktur website | Fokus mempromosikan website |
4 Teknik SEO Off Page yang Efektif Beserta Contoh SEO Off Page
Mari kita pelajari empat taktik SEO off page yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan otoritas situs dan trafik pencarian organik beserta contoh SEO off page yang bisa Anda terapkan.
Link Building
Link building merujuk pada mendapatkan link tautan dari website lain ke halaman situs Anda sendiri. Dalam SEO, tautan-tautan ini adalah pengertian backlink.
Semakin banyak backlink dari situs berotoritas tinggi yang dimiliki sebuah halaman, semakin berotoritas halaman tersebut di mata Google. Ini dapat membantu halaman tersebut menduduki peringkat lebih tinggi. Namun, perlu diperhatikan pemberian backlink secara “sembarangan” dapat berakibat websitemu mendapat “hukuman” dari Google.
Risiko atau hukuman yang dapat Anda terima jika “sembarangan” membeli backlink adalah Google dapat mengabaikan backlink tersebut, menghambat, hingga menurunkan peringkat pencarian website/page Anda. Dalam beberapa case, Google bahkan bisa menghilangkan sebagian page atau website anda dari mesin pencarian.
Karena risiko yang begitu besar, penting bagi Anda untuk teliti sebelum membeli backlink. Alternatif lain yang powerful pada SEO off page adalah content marketing, pada bagian ini Anda akan berfokus pada pembangunan opini audiences dan langkah ini lebih aman dibanding dengan pembelian backlink yang dilakukan secara tidak terstruktur.
Content Marketing
Konten marketing adalah salah satu contoh SEO off page yang penting. Menerbitkan konten berkualitas tinggi adalah cara efektif untuk mendapatkan backlink, mendapatkan perhatian media, dan menunjukkan E-A-T (expertise – trustworthiness – authoritativeness). Menemukan cara mendistribusikan konten ke channel lain dapat membantu meningkatkan sinyal off page. Beberapa channel tersebut meliputi:
Menulis dan mendistribusikan rilis pers
Rilis pers memberi tahu jurnalis dan blogger tentang bisnis Anda, membuatnya menjadi bagian penting dari strategi SEO off page yang sukses.
Media Sosial
Meskipun bukan faktor langsung pemeringkatan Google, media sosial bagus untuk mendapatkan attention dari audiens yang lebih luas. Semakin banyak orang yang membagikan konten Anda di media sosial, semakin banyak tautan yang mungkin Anda dapatkan. Bahkan jika Anda tidak mendapatkan tautan, perhatian lebih dapat mengarah pada pencarian dan penyebutan brand yang lebih banyak.
Influencer Marketing
Influencer marketing melibatkan kerja sama dengan blogger terkenal dan creator media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan Anda. Ini cara luar biasa untuk membangun brand, memperkuat konten Anda, dan menjangkau audiens baru.
Guest Posting
Guest posting akan membawa brand Anda ke audiens yang berbeda dan dapat menghasilkan backlink. Ini memberi sinyal kepada mesin pencari bahwa Anda adalah ahli di industri tersebut.
Forum Online
Menyematkan tautan di forum untuk tujuan SEO mungkin tidak membantu peringkat Google. Tetapi Anda dapat menggunakan forum untuk terlibat dalam percakapan yang relevan dengan keahlian Anda. Ini dapat membantu Anda membangun hubungan dan kepercayaan dengan audiens atau bahkan calon client.
SEO Lokal
SEO lokal adalah proses mengoptimalkan keberadaan online Anda untuk meningkatkan trafik lokal, visibilitas, dan brand awareness. Contoh SEO off page dalam SEO lokal adalah Google Business Profile (sebelumnya dikenal sebagai Google My Business) dan kutipan NAP (nama, alamat, dan nomor telepon).
Google Business Profile (GBP)
Google Business Profile adalah alat pendaftaran bisnis gratis yang membantu Anda mempengaruhi cara bisnis Anda muncul di Google. Karena ini terjadi di luar situs web Anda, mengoptimalkan GBP Anda adalah taktik SEO off page kunci dan faktor peringkat lokal SEO yang penting.
Kutipan NAP
Merupakan tempat online yang menyebutkan informasi kunci tentang bisnis Anda: nama, alamat, dan nomor telepon (NAP). Kutipan biasanya muncul di direktori bisnis, profil media sosial, dan situs ulasan.
Ulasan
Ulasan adalah cara yang bagus untuk membantu orang lain percaya pada bisnis Anda. Faktanya, ulasan adalah salah satu faktor paling penting yang diperhitungkan oleh Google saat menilai E-A-T situs Anda, yang berarti sangat penting untuk keberhasilan SEO lokal Anda. Google menyarankan untuk merespons semua ulasan, baik review positif maupun yang negatif, untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai bisnis dan feedback pelanggan. Beberapa tips untuk ulasan online Anda:
- Mohon semua pelanggan untuk meninggalkan ulasan
- Bangun kepercayaan dengan merespons semua ulasan
- Jangan menerima (atau tawarkan) uang sebagai imbalan ulasan
Dengan menerapkan taktik serta contoh SEO off page di atas, Anda dapat meningkatkan kinerja SEO off page Anda dan membantu situs Anda menduduki peringkat yang lebih tinggi di hasil pencarian organik. Di sisi lain, jika anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengoptimalkan SEO off page, Anda bisa mencoba untuk mencari jasa SEO profesional yang dapat mengerjakan optimasi SEO website Anda. Tentunya cara ini terbilang lebih efisien jika Anda merupakan seorang bisnis owner yang sibuk dan tidak memiliki tim ahli di bidang SEO.