Banyak penjual (seller) yang mulai tertarik menggunakan iklan Shopee. Namun iklan Shopee sendiri mempunyai beberapa jenis yang berbeda. Bagaimana agar iklan Shopee efektif? Berikut penjelasan mengenai iklan Shopee dan cara mengoptimalkannya.
Shopee adalah platform e-commerce yang berkembang pesat di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.Shopee telah menjadi surga bagi penjual e-commerce di Asia Tenggara untuk menjangkau jutaan calon pelanggan. Setiap penjual (seller) Shopee tentunya berupaya mendominasi pasar dengan memaksimalkan penjualan. Iklan Shopee adalah salah satu fitur yang dapat membantu mengoptimalkan penjualan.
Mari pelajari lebih dalam cara untuk meningkatkan visibilitas produk Anda di antara sebagian besar pelanggan potensial melalui iklan Shopee.
Pengertian Iklan Shopee
Iklan Shopee atau biasa juga disebut Shopee Ads merupakan fitur promosi yang ada pada dashboard Shopee seller centre. Fitur ini akan membebankan biaya pada seller untuk setiap klik pada produk yang diiklankan.
Iklan Shopee membantu produk yang Anda jual terlihat oleh user yang mencari produk, sehingga membantu penjual untuk mempromosikan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Menjalankan iklan Shopee tentunya akan meningkatkan peluang untuk memaksimalkan penjualan.
Jika strategi optimasi iklan Shopee tepat, tentunya bisa mempercepat pertumbuhan bisnis Anda, namun jika tidak bisa memanfaatkan fitur iklan Shopee dengan baik, tentunya terjadi permasalahan baru yaitu pengeluaran biaya iklan tidak terkontrol dengan baik alias boncos
Jenis Iklan Shopee
Dilansir dari Shopee, Iklan Shopee memiliki beberapa jenis yang perbedaan dari cara setting hingga penempatan iklan yang berbeda. Berikut jenis iklan Shopee untuk memudahkan Anda mempelajarinya.
Iklan Pencarian Produk
Iklan ini muncul di halaman pencarian berdasarkan kata kunci yang telah di setting. Di antara berbagai jenis iklan Shopee yang dijalankan, iklan pencarian produk sangat efektif dalam menjangkau orang-orang yang berniat membeli produk Anda. Secara keseluruhan, iklan pencarian produk membantu Anda meningkatkan eksposur dan meningkatkan penjualan dengan menjangkau pembeli yang relevan.
Iklan Produk Serupa
Iklan ini muncul di beberapa bagian seperti halaman ‘Rekomendasi’ dan halaman ‘Kamu Mungkin Juga Suka’, iklan ini membantu menampilkan produk Anda kepada pembeli yang tertarik dengan barang serupa atau pelengkap. Sehingga cocok untuk menimbulkan minat terhadap tawaran produk baru yang serupa.
Iklan Pencarian Toko
Iklan pencarian toko adalah jenis iklan banner yang muncul di halaman pencarian pembeli ketika mereka mencari kata kunci tertentu. Iklan ini tampil menonjol di bagian atas dengan spanduk toko, tagline, juga rekomendasi voucher. Iklan ini cukup ideal untuk meningkatkan awareness dan kunjungan toko.
Perbedaan antara iklan pencarian produk dan iklan pencarian toko adalah iklan pencarian toko tidak menampilkan satu produk saja, melainkan menampilkan link yang dapat diklik ke seluruh toko Anda.
Iklan Halaman Strategis
Iklan ini memberikan eksposur paling tinggi karena muncul melalui banner di halaman utama. Gunakan banner yang menarik secara visual agar calon pembeli memiliki minat untuk mencari produk dan membelinya
Cara Iklan di Shopee yang Efektif
Beberapa poin berikut dapat diperhatikan saat beriklan di Shopee agar hasil performa iklan yang didapat bisa lebih optimal.
- Bid Iklan
Jika baru mulai beriklan, gunakan bid iklan rendah. Tingkatkan secara perlahan posisi iklan dengan meningkatkan bid iklan untuk kata kunci dengan impression atau %klik juga konversi tinggi, sehingga iklan Anda muncul di posisi teratas. Turunkan bid kata kunci yang hanya menghabiskan biaya iklan dan tidak memberikan konversi dalam jangka waktu tertentu.
- Keywords (Kata kunci)
Shopee selalu memberikan rekomendasi kata kunci. Selain itu, Anda dapat menambahkan sendiri kata kunci. Gunakan kata kunci yang relevan dengan volume pencarian tinggi. Terdapat tipe pencocokan kata kunci ‘Luas’ dan ‘Spesifik’.
Kata kunci ‘Luas’ memungkinkan pencarian yang luas. Jika menggunakan kata kunci ‘Luas’, Shopee bisa mentarget kata kunci lain yang merupakan sinonim, kata lain yang memiliki arti yang mirip, ataupun kata-kata yang berkaitan dengan keyword yang Anda gunakan.
Kata kunci ‘spesifik’ hanya akan menarget kata kunci yang sama persis dengan kata kunci yang telah digunakan..
- Budget Harian Iklan
Di Shopee, pengaturan budget harian dapat dibedakan pada tiap SKU produk yang diiklankan. Saat memulai iklan pertama kali, Anda dapat memulai dengan biaya harian iklan yang rendah. Budget harian iklan dapat dinaikkan secara berkala bila performa iklan semakin bagus atau sedang dalam periode promosi.
- Halaman Toko Shopee
Halaman toko adalah ‘landing page’ untuk membantu calon pembeli melihat sekilas produk, promo yang Anda tawarkan, juga memudahkan pembeli mencari produk. Membuat halaman toko semenarik mungkin menjadi penting untuk optimalkan iklan. Pengaturan mengenai toko Shopee dapat dilakukan pada menu ‘Dekorasi Toko’ di seller centre.
- Gambar Produk Shopee
Gambar produk berkualitas tinggi akan memberikan gambaran yang jelas untuk menonjolkan kualitas produknya dan menarik perhatian calon pembeli. Dengan gambar produk yang bagus, harapannya dapat meningkatkan %klik dan meningkatkan penjualan produk yang diiklankan.
- Fitur Promosi
Berikan promosi dan diskon khusus pada produk yang diiklankan. Penawaran khusus ini ibarat seperti magnet, menarik pembeli untuk segera membeli produk dan meningkatkan penjualan produk.
Demikian beberapa tips yang bisa diperhatikan untuk coba mengoptimalkan iklan Shopee. Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut melalui Jasa Iklan Shopee terpercaya untuk memaksimalkan penjualan toko Shopee Anda.