Google Analytics merupakan salah satu platform yang paling banyak digunakan dalam dunia digital marketing. Biasanya Google Analytics digunakan dalam keperluan tracking aktivitas di dalam website, dan juga sekaligus mengukur channel atau saluran marketing mana yang mendatangkan traffic maupun conversion di website kita.
Manfaat Setup Goals di Google Analytics
Untuk bisa mengukur aktivitas conversion yang terjadi di dalam website kita, kita harus memastikan aktivitas tersebut di-track sebagai hal yang ingin dicapai (goals) oleh Google Analytics. Contoh aktivitas yang biasanya mau kita track sebagai conversion di website kita misalnya klik suatu tombol, mengunjungi suatu halaman tertentu, mengisi form kontak, dan lain sebagainya.
Aktivitas-aktivitas di dalam website tersebut lah yang perlu kita set sebagai Goals di Google Ananlytics. Apabila aktivitas-aktivitas tersebut belum di-track, maka kita belum bisa mengetahui apakah kegiatan marketing yang kita jalankan berhasil mencapai tujuan yang kita inginkan. Misalnya, kita ingin mengetahui berapa banyak orang yang masuk ke website dan mengklik tombol live chat namun kita belum setup Goals nya, maka pada saat kita membuka Google Analytics, kita akan kesulitan mengetahui berapa banyak yang mengklik tombol tersebut.
Manfaat lainnya, apabila kita import Goals tersebut ke dashboard Google Ads, kita bisa melakukan tracking conversion Google Ads tanpa perlu memasang script secara terpisah. Dengan setup conversion tersebut sekaligus membantu sistem machine learning iklan Google supaya bisa menayangkan iklan ke target audience yang tepat, sesuai target yang ingin kita capai.
Setup Goals di Google Analytics
Pertama-tama, ke bagian menu kemudian klik menu Admin, pilih Goals.
Setelah itu klik New Goals untuk menambahkan Goals baru. Akan ada 3 tahapan yang perlu diset. Yang pertama adalah setup tipe Goals. Sesuaikan dengan conversion yang ingin ditrack, misalnya Contact Us, atau Live Chat, atau Sign Up. Atau bisa juga pilih Custom apabila conversion nya berbeda dari pilihan yang tersedia.
Tahapan kedua dan ketiga yaitu menentukan bagaimana Goals ditrack. Akan ada 4 pilihan:
- Destination: apabila mau tracking Goals berdasarkan kunjungan ke URL tertentu di website. Biasanya banyak digunakan karena paling mudah dan akurat. Misalnya tracking thank you page setelah user melakukan suatu transaksi
- Duration: apabila mau tracking Goals berdasarkan lamanya durasi di website
- Pages/Screens per Session: apabila mau tracking Goals berdasarkan jumlah halaman yang dibuka dalam 1 sesi kunjungan website
- Event: apabila mau tracking Goals berdasarkan Event yang diset di website. Biasanya digunakan untuk tracking klik pada tombol atau aktivitas lain yang trackingnya tidak berdasarkan URL. Untuk setup Goals dari Event ini dibutuhkan implementasi suatu script terlebih dahulu di website.
Setelah ketiga tahapan tersebut selesai, klik Save dan Goals telah berhasil disetup.
Sebagai agency yang berfokus pada business result klien, jasa iklan Google PAKAR Jasa menggunakan cara ini sebagai salah satu cara alternatif tracking conversion. Kebutuhan tiap bisnis dan kesesuaian website menjadi salah satu pertimbangan dalam menentukan cara tracking conversion Google yang tepat. Hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut.