Bisnis eCommerce saat ini telah menjamur sehingga dibutuhkan strategi khusus untuk bisa unggul dari kompetitor. Anda bisa memanfaatkan Google Shopping dan jasa Google Ads untuk membantu agar bisa lebih stand out.
Apalagi semua orang pasti menggunakan Google sebagai tools untuk memudahkan mencari informasi. Maka dari itu, mengiklankan produk atau jasa di Google memperbesar peluang bisnis Anda untuk dapat dilihat banyak orang.
Untuk membantu para pebisnis mengoptimalkan bisnisnya, Google menyediakan layanan iklan Google Shopping. Layanan tersebut membantu menampilkan produk yang Anda jual di hasil pencarian Google lengkap dengan gambar, informasi seputar produk, harga, dan link menuju toko online Anda.
Apa itu Google Shopping? Untuk lebih lanjutnya, simak penjelasan yang telah PAKAR rangkum dari berbagai sumber berikut ini.
Perkenalan Google Shopping
Google Shopping adalah sebuah layanan iklan dari Google yang di dalamnya berisi informasi tentang suatu produk yang dijual, lengkap dengan foto dan deskripsinya. Layanan ini juga sudah tercantum detail harga, dan link untuk menuju ke toko onlinenya.
Saat Anda berniat ingin membeli suatu produk secara online, idealnya Anda pasti akan mengetikkan nama produk tersebut. Google nantinya akan menampilkan beberapa hasil dari produk yang Anda cari beserta harganya di halaman pertama.
Nah, saat memunculkan produk-produk tersebut lah fitur Google Shopping bekerja.
Dengan begitu, pembeli bisa membandingkan produk yang sama dari beberapa toko online. Misalnya saja Anda ingin mencari “jaket hoodie”, maka akan keluar berbagai macam produk jaket hoodie di bagian teratas.
Layanan ini memberi kenyamanan dan kenyamanan kepada para konsumen. Sebab, Google akan menampilkan produk-produk terbaik sehingga konsumen bisa merasakan pengalaman berbelanja online yang simpel.
Syarat Website Google Shopping
Cara kerja Google Shopping tidak seperti iklan Google berbasis teks yang muncul berdasarkan pencarian kata kunci. Layanan ini menggunakan informasi data produk (merek, gambar, warna, dan lain sebagainya) yang diunggah oleh penjual untuk menampilkan iklan.
Namun, agar produk yang Anda jual bisa tampil di hasil pencarian Google Shopping dibutuhkan dua platform lainnya, yaitu Google Ads dan Google Merchant Center sebagai syarat utamanya.
Kegunaan Google Merchant Center sebagai tempat penyimpanan produk jualan Anda. Disini Anda bisa menambahkan seluruh detail produk pada form yang disediakan Google.
Jadi, dapat dikatakan bahwa Google Shopping punya persamaan dengan SEO. Jika demikian, maka cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan diantaranya adalah:
- Optimasi gambar produk yang akan Anda jual. Sebab, kualitas gambar atau foto produk sangat menentukan keberhasilan bisnis yang Anda jalani ,dan Google bisa mendeteksi seberapa baik gambar yang disajikan.
- Kelola feed produk Anda agar terus up-to-date dan data-data yang ada tersusun dengan rapi.
- Cantumkan juga keyword yang relevan, yang dapat memberi informasi tentang produk. Misalnya, ukuran dan warna.
- Penulisan deskripsi jangan terlalu panjang, tetapi cukup 100 kata saja. Jika lebih dari itu, tulisannya tidak akan muncul.
- pastikan website Anda mobile friendly dan minimalisir jumlah klik yang harus dibuat pengunjung saat mengakses website Anda pada perangkat mobile.
- Manfaatkan Google Ads untuk mengiklankan produk Anda agar bisa dengan mudah dicari oleh calon konsumen. Google Ads dapat membantu mengembangkan bisnis Anda.
- Atur biaya iklan seefisien mungkin. Ada dua cara mengatur biaya iklan, yakni Smart Shopping Campaign dengan memasukkan biaya iklan dan beberapa informasi, dan Standard Shopping Campaign yang lebih terperinci (bisa pilih cara iklannya).
Setelah Anda mengetahui apa itu Google Shopping dan cara kerjanya, sudah siapkah mengembangkan bisnis online Anda? Perlu Anda ingat bahwa meski sudah menggunakan layanan iklan dari Google, namun Google terus mengubah algoritmanya secara rutin.
Oleh karena itu, Anda diharuskan aktif mencari informasi agar bisa mendapatkan informasi terbaru dalam memanfaatkan layanan Google Shopping.