Salah satu cara optimalkan penjualan produk di Tokopedia yaitu dengan menggunakan iklan. Iklan tokopedia terdiri dari beberapa macam jenis dan penempatan yang berbeda. Terdapat pengaturan Iklan otomatis Tokopedia dan Iklan manual. Mana yang lebih efektif? simak penjelasan berikut.
Tokopedia adalah salah satu e-commerce yang cukup populer dan banyak digunakan di Indonesia. Tokopedia menyediakan beragam produk secara lengkap dan berbagai promo menarik setiap harinya. Tokopedia juga menyediakan fitur promosi berupa iklan yang membantu mengoptimalkan penjualan produk. Ada banyak strategi dalam beriklan di Tokopedia. Salah satunya adalah penggunaan iklan otomatis Tokopedia dan Iklan manual.
Jika Anda tertarik mempelajari perbedaan iklan otomatis Tokopedia dan iklan manual, mari pelajari lebih dalam perbedaannya.
Pengertian Iklan Tokopedia
Iklan Tokopedia atau biasa juga disebut Tokopedia Ads (TopAds) adalah fitur yang disediakan oleh tokopedia untuk memperkenalkan produk atau toko secara umum di Tokopedia kepada banyak pembeli secara sekaligus.
Gambar 1. Iklan Tokopedia
Dengan beriklan menggunakan fitur TopAds, produk dan tokomu bisa muncul di berbagai halaman strategis di Tokopedia. Hadirnya fitur ini sangat bermanfaat untuk pemasaran toko online di Tokopedia. Anda bisa mengiklankan berbagai macam produk untuk menjangkau calon customer lebih luas.
Iklan Otomatis Tokopedia
Iklan otomatis Tokopedia adalah iklan yang diatur secara otomatis oleh sistem TopAds. Mulai dari produk yang cocok untuk diiklankan, kata kunci yang digunakan, hingga naik turunnya bid iklan, semua diatur oleh sistem TopAds. Anda hanya perlu mengatur besarnya anggaran harian iklan yang dikeluarkan. Sistem TopAds yang akan memilih langsung produk yang memiliki potensial untuk diiklankan secara optimal oleh Tokopedia.
Cara menggunakan iklan otomatis di Tokopedia:
- Masuk ke dashboard seller Tokopedia klik ‘Iklan dan Promosi’
- Jika belum pernah beriklan klik ‘mulai beriklan’
- Pilih ‘iklan otomatis’
- Atur anggaran harian iklan dan jika sudah klik ‘iklankan’
Jika iklan sudah aktif, maka Anda hanya perlu memperhatikan anggaran harian yang digunakan dan hasil yang didapatkan. pantau status iklan aktif dan tidak aktif serta statistik performa iklan Otomatis Anda pada halaman TopAds.
Iklan Manual Tokopedia
Berbeda dengan iklan otomatis Tokopedia, dimana hampir semua pengaturan iklan diserahkan kepada sistem TopAds, Iklan manual Tokopedia membebaskan seller untuk menentukan sendiri produk, memilih kata kunci yang ingin digunakan, juga mengatur bid kata kunci. Pengaturan manual ini tentunya lebih fleksibel bagi Anda yang ingin melakukan tes trial error dengan melakukan beberapa perubahan dalam periode tertentu untuk optimalkan iklan.
Cara menggunakan iklan manual di Tokopedia:
- Masuk ke dashboard seller Tokopedia klik ‘Iklan dan Promosi’
- Jika Anda belum menggunakan TopAds, klik ‘Mulai Beriklan’ dan pilih ‘Iklan Manual’
- Anda perlu mengisi beberapa hal didalamnya. Pertama, masukan nama grup iklan (penamaannya bebas).Grup iklan adalah kumpulan dari beberapa produk yang kamu iklankan.
- Pilih produk yang ingin diiklankan berdasarkan kategori, merek, atau jenis produk dalam satu grup
- Tambahkan kata kunci berdasarkan relevansi dengan produk – produk Anda dan atur biaya per klik masing-masing kata kunci
- pilih jenis Anggaran Harian baik ‘Dibatasi’ atau ‘Tidak Dibatasi’. Jika Anda memilih ‘Dibatasi’ maka Anda dapat menentukan batas biaya iklan harian.
Iklan Otomatis Tokopedia Vs Iklan Manual Tokopedia, Mana yang lebih optimal?
Dilansir dari Tokopedia, kedua pengaturan tersebut sama-sama optimal, hanya saja iklan manual perlu diatur secara manual dan berkala yang membuat Anda perlu mengatur sendiri strategi dalam beriklan, sedangkan pada iklan otomatis Tokopedia, Anda tidak perlu memfokuskan pada strategi beriklan karena sistem TopAds yang mengaturnya.
Iklan manual memaksa Anda untuk kreatif, mengatur produk yang akan diiklankan, hingga bid iklan, juga memastikan setiap kata kunci yg dipilih adalah efektif. Kelebihan kata kunci yang diatur secara manual semua kendali ada pada Anda, jika tidak efektif maka Anda dapat ubah pengaturan iklan hingga mendapat formula terbaik dengan biaya iklan yang minim.
Setiap toko punya karakteristik masing-masing, sehingga perlunya owner/pemilik akun mencoba baik iklan manual ataupun iklan otomatis untuk menemukan mana yang lebih efektif.
Demikian beberapa hal terkait iklan otomatis dan iklan manual Tokopedia. Jika masih bingung, Anda juga dapat berkonsultasi lebih lanjut melalui Jasa Iklan Tokopedia terpercaya untuk memaksimalkan penjualan toko online Anda.