Google Display Network (GDN) atau yang sekarang dikenal dengan Google Display Ads adalah salah satu kampanye yang tersedia di Google Ads, pengiklan dapat menggunakan berbagai format seperti gambar dan video yang kemudian iklannya akan dimunculkan pada situs web atau aplikasi yang sesuai dengan audience yang diinginkan.
Google telah bekerjasama dengan berbagai pemilik website serta aplikasi yang mengizinkan agar platform mereka terafiliasi dengan jaringan milik Google agar iklannya bisa dapat dimunculkan, sehingga penggunaan GDN memungkinkan pengiklan untuk bisa menjangkau berbagai macam audience yang lebih luas lagi.
Jika Anda ingin meningkatkan kesadaran audiens terhadap brand atau bisnis Anda, ingin menjangkau audiens yang belum memutuskan untuk membeli, atau ingin menjangkau audiens pada berbagai situs web dan aplikasi? Penggunaan GDN atau saat ini dikenal dengan Google Display Ads akan cocok dengan tujuan Anda tersebut.
Lalu bagaimana cara kita bisa beriklan dengan menggunakan GDN? Lihat tahapannya dibawah ini!
Cara beriklan di Google Display Network
Bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara kita beriklan di GDN, berikut langkah-langkah yang bisa Anda ikuti, sebelum membaca langkah-langkahnya pastikan Anda sudah memiliki akun google ads terlebih dahulu,
Membuat campaign Google Display Network
gambar daftar campaign pada google ads
Pada bagian campaign Anda bisa membuat campaign baru yang kemudian Anda bisa pilih tipe Display untuk menggunakan GDN.
Pemilihan Lokasi dan Bahasa
gambar pemilihan lokasi dan bahasa
Anda dapat menyesuaikan lokasi negara atau spesifikasi daerah mana yang akan Anda tuju untuk memunculkan iklannya, setelahnya Anda juga bisa memilih bahasa yang digunakan oleh audiens yang akan dituju, biasanya pengiklan akan menggunakan 2 bahasa yaitu Inggris dan satunya lagi adalah bahasa dari negara yang akan ditargetkan.
Pemilihan budget dan strategi bid
gambar pemilihan budget dan strategi bid
Pada bagian budget Anda bisa input angka budget iklan harian Anda, sedangkan pada bagian bidding Anda bisa memilih fokus iklannya seperti konversi, value dari konversi atau angka impressi yang dilihat.
Anda juga bisa mengatur apakah akan menggunakan bid otomatis atau manual, umumnya penggunaan bid otomatis ibarat kita memberikan kebebasan kepada google untuk memberikan harga bid sesuai dengan sistem google asalkan konversi yang didapatkan bisa maksimal, sedangkan untuk manual bid kita akan memberikan rata-rata dari bid yang akan kita pasang dan google akan membantu kita untuk mengatur bidnya agar tidak jauh dari rata-rata yang kita set tersebut.
Pemilihan penggunaan targeting
gambar pemilihan penggunaan targeting
Targeting pada Google Display Network memberikan beberapa opsi untuk kita bisa memilih berdasarkan apa kita ingin memunculkan iklan tersebut, targeting tersebut berupa segmentasi audiens, demografi, keyword, topik dan placement (website atau aplikasi) untuk dimunculkan iklannya.
Memasukkan Materi Pada Iklan
gambar pemilihan penggunaan targeting
Pada bagian ini kita dapat memasukkan materi ke Google Display Network dengan format gambar dan video, dan sisanya berupa pengisian headline dan deskripsi seperti pada google search ads, setelah memasukan materinya kemudian iklan sudah mulai bisa dijalankan.
Contoh Placement Google Display Network
Placement dan jenis iklan yang dapat digunakan pada GDN adalah,
- Iklan display, merupakan gambar atau teks yang akan ditampilkan pada website yang terafiliasi dengan GDN.
- Iklan Video, merupakan iklan yang akan tampil pada platform milik Google seperti Youtube atau website yang bisa menampilkan video.
Sedangkan untuk placement untuk iklan GDN ini diantaranya :
- Website, iklan akan muncul pada website yang sudah terafiliasi dengan Google.
- Gmail, iklan akan muncul pada bagian kotak masuk dari pengguna Gmail.
Aplikasi, Iklan akan muncul pada aplikasi mobile yang sudah terafiliasi dengan Google umumnya seperti game, video editor dan lain-lain.
gambar contoh iklan google display network pada website kompas
Perbedaan search ads dan display ads
Berikut beberapa perbedaan dari penggunaan search dan display ads,
- Cara memunculkan : iklan search ads akan muncul jika kita mencari kata kunci yang digunakan, sedangkan untuk display ads iklannya akan muncul pada website yang memiliki topik atau minat yang sudah kita targetkan
- Tampilan : iklan search ads berupa teks, sementara display ads dapat berupa gambar atau video
- Targeting : pada search ads umumnya berdasarkan kata kunci atau kita bisa menambahkan segment audience, sedangkan untuk Display ads targeting yang dapat ditargetkan berdasarkan topik, minat, lokasi dan perilaku.
- Kegunaan : pada dasarnya kedua iklan tersebut bisa mendatangkan konversi tetapi jika kita ingin fokus ke penjualan penggunaan search ads cenderung lebih baik dibandingkan penggunaan display ads.
Keterbatasan : penggunaan search ads akan dibatasi pada jumlah karakter yang akan ditampilkan, sedangkan untuk GDN memiliki banyak ruang untuk bisa memberikan pesan ke audiens terhadap apa yang akan diiklankan.
Keunggulan Menggunakan Google Display Network Untuk Bisnis Anda
Simak beberapa keunggulan yang dimiliki dari Google Display Network ini,
- Menjangkau audiens lebih luas, GDN memiliki afiliasi terhadap website dan aplikasi dengan jumlah pengunjung dan pengguna yang beragam, sehingga kita bisa menjangkau macam-macam audiens lebih luas.
- Menargetkan audiens yang sesuai, GDN memiliki berbagai opsi untuk penargetan iklan, mulai dari topik, demografi, minat dan perilaku audiens.
- Format iklan yang beragam, GDN menyediakan beragam format iklan seperti gambar, video dan teks iklan, sehingga kita bisa banyak trial format iklannya.
- Meningkatkan brand awareness, penggunaan GDN dapat membantu meningkatkan brand awareness karena kemunculan iklannya pada tempat yang sangat beragam, bisa pada situs portal berita, marketplace, atau website-website yang relevan dengan bisnis kita.
Dengan fitur-fitur dan keunggulan dari iklan Google Display Network tentunya akan memudahkan Anda dalam mengembangkan bisnis kedepannya, Jika Anda masih merasa ragu dan membutuhkan konsultasi untuk menjalankan iklan GDN Anda tidak perlu khawatir, kami PAKAR Jasa siap membantu untuk menjalankan iklan tersebut, Anda bisa menghubungi kami atau melihat informasi lebih lanjut pada jasa display ads.