Ketika kamu menjalankan kampanye digital, kamu pasti pernah menemukan dua metrik ini: reach dan impression. Meskipun terlihat mirip, tapi keduanya memiliki arti dan fungsi yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan membahas kedua metrik tersebut, perbedaan reach dan impression, serta metrik mana yang perlu diprioritaskan dalam strategi kampanye digitalmu.
Apa Itu Reach?
Reach adalah jumlah orang unik yang melihat konten yang kamu post. Misalnya, jika satu post konten memiliki reach 1000, berarti ada 1000 akun berbeda yang melihat konten tersebut. Metrik ini mengukur seberapa luas jangkauan audiens dari sebuah konten.
Semakin tinggi reach berarti semakin banyak orang yang mengetahui kontenmu. Ketika kamu ingin memperkenalkan produk atau jasa ke audiens baru ataupun memperluas brand awareness, metrik ini akan sangat berguna.
Apa Itu Impression?
Impression adalah jumlah tayangan konten yang kamu post, terlepas dari apakah konten itu dilihat oleh orang yang sama atau tidak. Misalnya jika satu akun melihat kontenmu 3 kali, maka akan dihitung sebagai 3 impression.
Impression memberikan gambaran seberapa sering kontenmu tayang di feed, story, website atau placement lain di platform digital. Metrik ini cocok untuk mengetahui seberapa sering kontenmu ditayangkan ke audiens.
Lebih Penting Reach atau Impression?
Perbedaan reach dan impression berdasar kepentingannya tergantung pada tujuan kampanye digitalmu:
- Reach perlu kamu prioritaskan jika tujuanmu adalah meningkatkan brand awareness dan menjangkau audiens baru.
- Impression perlu kamu prioritaskan jika tujuanmu membangun pengenalan dan pengulangan pesan. Audiens yang sering melihat kontenmu cenderung akan lebih mengingat pesan yang kamu sampaikan.
Namun, di beberapa case, kedua metrik bisa saling melengkapi. Kamu bisa memulai dengan reach untuk menjangkau lebih banyak audiens, lalu fokus ke impression agar audiens bisa mengingat pesan yang disampaikan.
Dengan memahami perbedaan reach dan impression, kamu bisa lebih tepat dalam menyusun strategi kampanye atau iklan digitalmu. Jika kamu ingin mencapai reach dan impression yang lebih tinggi dengan cepat, kamu bisa menggunakan iklan berbayar seperti Meta Ads atau Google Ads. Anda juga dapat menggunakan jasa dari agensi digital marketing profesional yang menyediakan jasa iklan di instagram dan jasa google ads seperti PAKAR Jasa yang sudah berpengalaman membantu berbagai bidang bisnis. Yuk, hubungi PAKAR Jasa sekarang!