TikTok sudah menjadi salah satu app pertama yang dikunjungi banyak orang ketika ingin menonton video-video pendek yang menghibur. Keberadaan TikTok menjadi sebuah peluang baru bagi para pebisnis. Mari berkenalan dengan TikTok Ads sekilas di artikel ini.
Pertama, untuk dapat beriklan di TikTok, silakan daftarkan bisnis Anda di https://www.tiktok.com/business/id dan ikuti panduan yang ada. Kita akan lebih melihat struktur iklan TikTok di bahasan kali ini. Jika sudah membuat akun iklan di TikTok, kita akan sampai di dasbor TikTok Business Center dengan tampilan yang cukup familiar jika Anda sering beriklan di social media. Anda bisa mengundang tim ke dalam Business Center ini. Yang menarik, pihak yang diundang bisa bergabung mengelola iklan tanpa harus memiliki akun TikTok biasa.
Struktur iklan TikTok
Oke, pertama perlu diketahui dulu sebenarnya ada beberapa macam tipe iklan TikTok, tapi sejauh ini yang terbuka untuk dikelola sendiri (self-serve) baru tipe In-Feed Ads. Berikut ilustrasi mengenai In-Feed Ads dari TikTok.
Seperti yang bisa dilihat, iklan ini bisa ditemukan pengguna TikTok di tab “For You” dan konten iklan akan ditandai sebagai “Sponsored”.
Struktur iklan dari sisi advertiser juga cukup familiar, TikTok mengikuti hirarki 3 tingkatan yang jamak dipakai platform ads pendahulu. Istilah yang digunakan TikTok adalah: Campaign, Ad Group, dan Ads.
Di level campaign, kita dapat mengatur tujuan iklan seperti Traffic, Conversion, App Install, atau lain-lain; juga mengatur batasan total biaya iklan.
Di level ad group, fokusnya adalah targeting: siapa yang mau ditarget dan tipe optimalisasi. Ada juga detil-detil penting seperti URL tujuan, branding, dan penempatan iklan. Pengaturan-pengaturannya sejauh ini masih sangat familiar bagi advertiser pada umumnya; kita bisa beradaptasi dengan cepat di platform ini. Satu hal yang agak berbeda mungkin URL tujuan yang ditaruh di level ad group. Biasanya URL kita set di level ads. Tapi ini bisa jadi sebuah praktik manajemen iklan yang baik untuk diterapkan ke platform-platform lain.
Di level ads, TikTok fokus pada kreatif, yakni tampilan iklan. Kita bisa menggunakan materi gambar dan video. Spesifikasi untuk materi gambar bisa dibaca di sini dan video di sini.
Begitu gambaran cara membuat iklan di TikTok. Singkat kata, bila Anda sudah terbiasa beriklan di media sosial, kemungkinan sudah cukup familiar dalam menjalankan iklan di TikTok.
Fitur apa yang menarik di TikTok bagi Anda? Mungkin sebagai pemilik bisnis, sangat tertarik dengan karakteristik pengguna TikTok yang konon cukup berbeda dari platform media sosial lainnya. Kami sendiri di PAKAR Jasa, sebagai digital marketing agency yang berfokus untuk membantu klien mendapatkan business result, tentu sangat tertarik dari fitur tujuan Conversion yang disediakan TikTok. Apalagi, TikTok juga menyediakan tracking tool bernama TikTok Pixel untuk mengetahui hasil conversion yang dihasilkan dari iklan.
Apabila tertarik dengan jasa iklan TikTok bersama PAKAR Jasa, silakan hubungi kami. Jika Anda tertarik untuk pembahasan lain di blog ini seputar iklan baik di TikTok atau platform lain, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel berikutnya.