Teknologi digital telah mengubah cara bisnis berkembang, baik kecil maupun besar. Salah satu cara untuk memanfaatkan teknologi digital adalah dengan menggunakan digital marketing. Digital marketing atau pemasaran digital mencakup berbagai strategi yang memanfaatkan internet dan saluran digital lainnya untuk terhubung dengan target audiens, mempromosikan produk dan jasa, serta meningkatkan nilai bisnis.
Sebagai masyarakat yang hidup berdampingan dengan teknologi digital, sudah sepatutnya kita menguasai konsep dan pengertian digital marketing serta mengenal apa saja manfaatnya. Artikel ini akan membantu Anda untuk menggali dunia digital marketing lebih dalam lagi, mengeksplorasi berbagai manfaatnya, dan keunggulannya jika dibandingkan pendekatan pemasaran konvensional. Ingin lebih familiar dengan digital marketing? Yuk simak penjelasan berikut!
Pengertian Digital Marketing
Digital marketing, juga dikenal sebagai online marketing, adalah istilah umum yang mencakup semua upaya pemasaran yang memanfaatkan teknologi elektronik untuk mempromosikan merek dan terhubung dengan calon customer. Digital marketing mencakup berbagai strategi, termasuk:
Search Engine Optimization
Dilansir dari Semrush, Search Engine Optimization (SEO) adalah seperangkat proses yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas suatu website di mesin pencari seperti Google. Tujuan utama SEO adalah untuk mendapatkan lebih banyak traffic secara organik, yang berarti pengunjung yang menemukan website Anda secara alami melalui hasil pencarian tanpa dikenakan biaya apapun.
Search Engine Marketing
Search Engine Marketing (SEM) atau dikenal juga sebagai search ads dan Pay Per Click (PPC) adalah jenis iklan online di mana pengiklan hanya membayar saat pengguna mengklik iklan tersebut. SEM biasanya ditampilkan di mesin pencari, tetapi juga dapat ditampilkan di website dan aplikasi lain.
SEM dapat menjadi cara yang efektif untuk menargetkan audiens yang relevan untuk memengaruhi mereka melakukan suatu tindakan yang pengiklan inginkan seperti mengunjungi website Anda, mendaftar untuk berlangganan dengan produk Anda, atau melakukan pembelian.
Social Media Marketing
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform media sosial untuk terhubung dengan audiens dan mempromosikan produk atau layanan. Ini adalah salah satu strategi pemasaran digital yang paling populer, karena dapat menjangkau audiens yang luas dengan biaya yang relatif rendah.
Ada dua jenis social media marketing:
- Social media organic, dimana jenis ini menggunakan konten dan interaksi gratis untuk terhubung dengan audiens.
- Social media paid, dimana jenis ini menggunakan iklan berbayar untuk terhubung dengan audiens target. Strategi ini meliputi pemasangan iklan berbayar di media sosial dan influencer marketing.
Content Marketing
Content marketing adalah strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pembagian konten yang memiliki nilai, relevan, dan konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens tertentu. Konten ini dapat berupa artikel blog, video, ebook, podcast, atau format lainnya.
Content marketing memiliki banyak manfaat atau kelebihan bagi bisnis, termasuk
- Membantu bisnis untuk membangun brand awareness dan membuat audiens lebih mengenal bisnis tersebut.
- Membantu bisnis untuk membangun kredibilitas dan kepercayaan di mata audiens.
- Mendorong tindakan pelanggan, seperti menyukai dan berkomentar di postingan Anda, membagikan postingan Anda, hingga membeli produk Anda.
Manfaat Digital Marketing
Setelah memahami pengertian digital marketing, kita perlu juga memahami apa manfaatnya. Digital marketing menawarkan banyak manfaat yang dapat mengubah bisnis dari semua ukuran. Tak heran banyak yang mengatakan digital marketing lebih memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan traditional marketing. Beberapa kelebihan atau manfaat digital marketing diantaranya adalah:
Menjangkau Audiens dengan Jangkauan Luas
Digital marketing melampaui batas geografis, memungkinkan bisnis menjangkau audiens global dengan kemudahan dan efisiensi yang belum pernah ada sebelumnya. Selagi audiens tersebut memiliki dan menggunakan media digital seperti media sosial, maka audiens tersebut dapat dijangkau oleh digital marketing
Menargetkan Audiens yang Relevan dengan Bisnismu
Platform digital memberikan kemampuan untuk menargetkan demografi, minat, dan perilaku tertentu. Kemampuan ini merupakan kunci untuk kesuksesan suatu digital marketing.
Dengan menargetkan demografi, minat, dan perilaku tertentu, Anda dapat memastikan bahwa pesan dari strategi pemasaran Anda dilihat oleh orang-orang yang paling mungkin tertarik dengan produk atau layanan Anda.
Memberikan Hasil yang Terukur
Kampanye digital marketing dapat dilacak dan dianalisis secara real-time, memberikan wawasan berharga tentang kinerja kampanye dan pengembalian investasi dari total pengeluaran iklan Anda atau return on ad spend (ROAS).
Mengefektifkan Marketing Budget
Strategi digital marketing dapat dilakukan dengan biaya yang lebih hemat dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional. Hal ini disebabkan karena strategi digital marketing memiliki sistem up-front cost di mana dengan sistem ini jangkauan digital marketing Anda akan disesuaikan dengan biaya yang sudah Anda tentukan di awal.
Tentunya Anda juga dapat mengetahui terlebih dahulu jumlah estimasi audiens yang sesuai dengan target Anda sebelum beriklan. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah untuk menentukan biaya pemasaran yang paling efektif sesuai dengan tujuan Anda.
Pemasaran digital telah merevolusi cara bisnis terhubung dengan audiensnya, menawarkan pendekatan yang dinamis dan efektif untuk mencapai tujuan pemasaran. Dengan merangkul kekuatan strategi digital marketing dan memahami pengertian digital marketing, bisnis dapat memperluas jangkauannya, meningkatkan keterlibatan pelanggan, dan mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di dunia digital yang terus berkembang.
Penting untuk dicatat bahwa digital marketing adalah bidang yang terus berkembang. Dengan munculnya teknologi dan tren pasar baru, penting bagi bisnis untuk terus belajar dan beradaptasi agar tetap relevan. Anda juga dapat menggunakan jasa digital marketing untuk membantu memasarkan produk atau jasa Anda dengan strategi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan tren pasar.