Beberapa waktu belakangan ini para praktisi digital marketing dihebohkan dengan rencana update iOS 14 dari Apple. Sepertinya akan ada beberapa implikasi update tersebut terhadap iklan digital yang saat ini berjalan.
Facebook sendiri sudah menyatakan sikap penolakannya terhadap rencana tersebut karena tentunya bisa berpengaruh terhadap para pemasang iklan digital, terutama dari golongan UMKM. Tapi, sebetulnya apa saja dampak dari update iOS 14 tersebut terhadap iklan Facebook?
Pop-up untuk Izin Tracking
Akan ada pop up yang muncul di layer ponsel user iOS 14, menanyakan apakah mereka bersedia di-track oleh suatu brand (untuk keperluan tracking iklan). Apabila user tersebut memilih untuk tidak di-track, maka iklan yang muncul ke user tersebut tidak akan mendapatkan tracking. User akan bisa di-track apabila mereka mengizinkan untuk di-track.
Jumlah pengguna iOS di Indonesia mungkin lebih sedikit daripada Android, namun belum diketahui akan sebesar apa dampak dari update ini terhadap industri iklan digital secara keseluruhan. Yang bisa diperkirakan, akan ada penurunan jumlah Conversion yang bisa di-track di device iOS 14 dibanding sebelumnya.
Dampak Update iOS 14 Terhadap Campaign Berbasis Web
Dampak yang cukup signifikan terhadap campaign berbasis web yaitu jumlah limit Conversion Event yang bisa digunakan untuk optimasi Campaign Conversion (misalnya Purchase, Initiate Checkout, Add to Cart, dll), dibatasi hanya maksimum 8. Limit maksimum ini sudah termasuk untuk penggunaan Custom Conversion.
Jadi harus dievaluasi lagi untuk campaign Conversion yang berjalan saat ini, apakah jumlah event yang dioptimasi jumlahnya lebih dari 8 atau tidak. Apabila jumlahnya lebih dari 8, advertiser akan diminta untuk memilih 8 event yang akan digunakan. Di luar 8 event tersebut, tracking tetap bisa berjalan namun tidak bisa digunakan untuk optimasi campaign Conversion.
Dari sisi advertiser juga diharuskan untuk verifikasi domain di Facebook Business Manager masing-masing.
Dampak Update iOS 14 Terhadap Campaign Berbasis Mobile App
Campaign berbasis mobile app akan dibatasi untuk setiap mobile app, hanya bisa dibuat dalam 1 Ad Account, dengan jumlah iklan maksimal yang bisa dijalankan secara bersamaan sebanyak 9 Campaign, dan masing-masing campaign maksimum 5 Ad Set. Apabila ada campaign yang ingin dimatikan untuk digantikan dengan campaign baru, sistem Facebook akan butuh 72 jam untuk me-reset limit nya kembali.
Selain itu, secara reporting hasil iklan juga hanya akan di-agregat di level Campaign. Data di level Ad Set dan Ad akan diestimasi oleh Facebook menggunakan metode model statistik.
Apabila anda menggunakan Facebook SDK, pastikan untuk melakukan update versi untuk iOS terbaru yaitu Facebook SDK versi 8.1.
Penyesuaian Lainnya di Dalam Dashboard Iklan Facebook
Beberapa dampak lainnya untuk Facebook dan Instagram akibat iOS 14 meliputi:
- Data di Ads Manager yang berpotensi terlambat masuk, bisa sampai 3 hari (tidak real time)
- Tidak ada data breakdown untuk Action dan Delivery
- Attribution Window berpindah dari level Ad Account ke level Ad Set, dan secara default akan mengacu pada 7-days click.
- Berkurangnya jumlah audience yang bisa digunakan sebagai Custom Audience
Penjelasan di atas merupakan gambaran garis besar mengenai dampak perubahan iOS 14 terhadap iklan Facebook-Instagram. Kepastian mengenai hambatan dan kesulitan yang mungkin akan dihadapi belum akan diketahui dengan pasti sampai update ini benar-benar diimplementasikan.