Setelah mengenal macam-macam iklan di Shopee, sekarang kita berkenalan dengan cara-cara promosi yang ada di marketplace “toko hijau”. Tentu sebelum tahu cara beriklan di Tokopedia, perlu kita kenali dulu kira-kira tipe iklan apa yang mau kita gunakan. Setelah mengenalinya, barulah kita bisa tentukan strategi TopAds yang tepat untuk toko kita.
Dari menu “Iklan dan Promosi” di dashboard Tokopedia seller, kita bisa melihat ada berbagai macam channel, salah satunya Facebook CPAS atau Collaborative Ads yang dulu pernah dibahas di artikel ini. Sementara itu, di kesempatan kali ini, kita akan lebih fokus pada TopAds.
Pembagian di TopAds mungkin awalnya tidak terlalu clear-cut. Karena ada beberapa penempatan yang overlap, tapi ada juga jenis yang memiliki penempatannya tersendiri. Untuk membantu sedikit memahaminya, mungkin baik pertama-pertama lebih fokus pada 3 tipe iklan di Tokopedia TopAds, yakni: Iklan Produk, Iklan Kata Kunci, dan Iklan Toko.
Iklan Produk
Di mana Iklan Produk muncul? Ini pertanyaan yang juga dicantumkan di halaman bantuan Tokopedia:
Sumber: https://www.tokopedia.com/help/article/faq-seputar-iklan-per-klik
Bisa dibilang, ini tipe iklan yang muncul di banyak placement sekaligus. Kapan iklan ini akan muncul ditentukan oleh berbagai macam faktor, seperti kata-kata pencarian yang digunakan oleh pengguna Tokopedia, nama produk yang diiklankan, kategori produk, performa review dan penjualan produk, dan lain sebagainya.
Iklan Kata Kunci
Iklan ini akan muncul di halaman pencarian.
Sumber: https://seller.tokopedia.com/edu/fitur-kata-kunci/
Nah, berarti ini overlapping dong dengan Iklan Produk? Memang Iklan Produk juga muncul di halaman pencarian. Tapi, Iklan Kata Kunci ini berfungsi untuk menambahkan lagi kemunculan produk Anda di pencarian-pencarian yang menggunakan kata-kata yang belum ada di nama produk.
Nama produk di Tokopedia memiliki batasan jumlah karakter. Sementara suatu produk bisa punya banyak istilah. Tanpa harus menambahkan begitu banyak istilah di nama produk, kita bisa tambahkan di Iklan Kata Kunci. Sehingga, iklan kita dapat tetap muncul di pencarian-pencarian yang kata kuncinya belum tercantum di nama produk.
Iklan Toko / Iklan Headline Tokopedia
Jenis ketiga iklan Tokopedia yang cukup mudah dipahami adalah Iklan Toko yang dahulu bernama Iklan Headline. Ini mudah dipahami karena Iklan Toko memiliki penempatan tersendiri yang berbeda dari Iklan Produk dan Iklan Kata Kunci.
Iklan ini muncul sebagai banner teratas yang berada di halaman pencarian. Produk-produk yang diiklankan akan muncul di dalam banner, bukan katalog yang ada di halaman pencarian. Oleh karenanya, jangan bingung jika di Iklan Toko ini kita perlu memasukkan kembali kata kunci dan jangan sampai rancu dengan Iklan Kata Kunci.
Dari 3 tipe iklan yang sudah itu, ada lagi 2 tipe iklan lain yang sebenarnya bukan jenis iklan berdasarkan penempatannya, melainkan lebih ke cara beriklan yang berbeda. Dua tipe iklan tambahan ini adalah Iklan Otomatsi dan Iklan Tanpa Modal.
Iklan Otomatis Tokopedia
Jika kita sudah pernah mencoba Iklan Produk dan Iklan Kata Kunci, tentu akan pernah mengalami tahap pengaturan berapa biaya klik per hari, berapa anggaran untuk kelompok iklan A, berapa bidding kata kunci X, dan seterusnya. Jika merasa kesulitan dengan banyak pengaturan itu, maka kita bisa memilih Iklan Otomatis Tokopedia.
Di sini, kita cukup memasukkan berapa besar anggaran harian. Dari situ, Tokopedia akan berusaha mengoptimalkan sendiri produk apa yang diiklankan, berapa besaran bidding-nya, dan seberapa besar suatu produk akan mendapatkan anggaran. Ketika ini diaktifkan, maka semua Iklan Produk akan diatur secara otomatis oleh Tokopedia dan kita tidak bisa melakukan pengaturan secara lebih spesifik.
Iklan Tanpa Modal
Iklan Tanpa Modal merupakan satu tipe iklan baru Tokopedia dan mungkin belum semua toko bisa mencoba fiturnya. Kita boleh menganggap ini sebagai sebuah tipe iklan otomatis, tapi kita perlu mengatur biaya per penjualan yang terjadi dari Iklan Tanpa Modal ini. Ya, jadi jika di tipe iklan lain kita mengatur bidding per klik atau per 1.000 kali tayangan, di Iklan Tanpa Modal ini kita hanya cukup membayar jika produk kita terjual dari iklan.
Bisa dibilang inilah salah satu cara beriklan gratis di Tokopedia. Karena jika tidak ada penjualan dari Iklan Tanpa Modal, kita tidak perlu membayar apa-apa. Ini menjadi sebuah alternatif iklan berisiko rendah bagi pemilik toko. Iklan ini dapat berjalan berdampingan dengan tipe iklan lain.
Demikian berbagai macam iklan Tokopedia, khususnya iklan TopAds. Ada berbagai macam optimalisasi yang perlu dilakukan agar iklan dapat berjalan menguntungkan. Konsultasikan dengan kami untuk mengeksplorasi lebih lanjut peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan di marketplace.