Facebook Ads atau Iklan Facebook merupakan platform periklanan yang populer dengan berbagai pilihan untuk membantu bisnis mencapai tujuan mereka. Salah satu elemen penting dalam Facebook Ads adalah objective Campaign, yang menentukan tujuan utama campaign Anda, dan baru-baru ini Facebook melakukan update secara menyeluruh untuk objective Facebook ads ini. Lalu, bagaimana pengaruhnya terhadap penentuan tujuan iklan kedepannya?
Sebelumnya, Campaign objective Facebook Ads terbagi menjadi 11 objective, dan mulai tahun 2022 dari 11 objective ini dibuat lebih simpel dengan hanya menjadi 6 objective saja yang disebut ODAX
ODAX
ODAX atau Outcome Driven Ads Experience yang diluncurkan pada tahun 2022 mempersimpel objective Facebook Ads yang sebelumnya memiliki 11 objective.
Gambar 1. 11 objective Facebook Ads sebelum ODAX
Dari 11 objective ini dikerucutkan menjadi hanya 6 objective. Beberapa objective ODAX bisa mencakup banyak original objective. Contohnya seperti Awareness, dimana objective Awareness mencakup beberapa original objective seperti Brand Awareness, Reach, Video Views, dan Store Traffic
Gambar 2. 6 objective Facebook Ads sejak penggunaan ODAX
Bahkan, di beberapa akun, terutama akun CPAS, Campaign objective ini dibuat lebih ‘simple’ dengan hanya 3 objective saja, yaitu awareness, traffic dan sales. Sebenarnya cukup wajar, mengingat akun CPAS tujuannya memang penjualan produk di Online Shop, sehingga objective Engagement, App Promotions dan Leads tidak perlu ada, karena tujuannya tidak sejalan dengan tujuan pembuatan akun.
Gambar 3. 3 objective ODAX pada akun CPAS
ODAX membuat pemilihan objective menjadi lebih simpel, ketika dibandingkan dengan penggunaan original objective, namun bagaimana cara memilih objective yang tepat?
Penentuan Objective Iklan Facebook
Memilih objective Facebook Ad yang tepat adalah langkah krusial dalam menentukan kesuksesan campaign iklan Anda. Objective yang tepat akan membantu Anda menjangkau audiens yang sesuai, menampilkan pesan yang relevan, dan mencapai tujuan bisnis Anda. Seperti ketika Anda membutuhkan Traffic ke Website Anda, maka Anda bisa menggunakan objective Traffic, atau ketika Anda membutuhkan peningkatan penjualan, maka Anda bisa memilih objective Sales sebagai pilihan Anda.
Original Objective | Objective ODAX |
App Installs | App Promotion |
Brand Awareness | Awareness |
Catalog Sales | Sales |
Conversions | Engagement Leads Sales |
Engagement | Engagement |
Lead Generations | Leads |
Messages | Engagement Leads |
Reach | Awareness |
Store Traffic | Awareness |
Traffic | Traffic |
Video Views | Awareness Engagement |
Tabel 1. Penggabungan beberapa objective Original setelah ODAX
Sumber: Facebook
Namun, bagaimana ketika Anda ingin meningkatkan traffic toko offline Anda? Sebelumnya Anda bisa memilih objective Video Views, atau Store Traffic, namun apa yang Anda pilih setelah adanya ODAX?. Ketika Anda ingin memilih objective Video Views yang sekarang tergabung ke Engagement, pada Fitur Engagement Type di bagian Ad Group, Anda bisa memilih tipe yang Anda inginkan, seperti Video Views yang sebelumnya ada di objective Original.
Gambar 4. Fitur Engagement Type pada Objective Engagement
Fitur ini hanya ada di objective tertentu, karena pada objective Awareness Anda tidak bisa menentukan fitur tipe tersebut, alhasil objective Store Traffic tidak akan Anda temukan. Namun Anda masih bisa menggunakan strategi lain, seperti membatasi area sebaran ads hanya di radius daerah tertentu.
Penentuan Tujuan Objective Facebook Ads
Dengan objective yang tersedia, Anda harus dapat memilih objective yang tujuannya selaras dengan tujuan bisnis Anda. objective yang tepat akan membantu Anda menjangkau target audiens yang sesuai, menampilkan pesan yang relevan, dan mencapai tujuan bisnis Anda. Facebook merilis pembahasan yang dapat Anda jadikan pertimbangan, yang dapat Anda baca dibawah ini:
Awareness
Anda dapat memilih objective ini apabila Anda butuh brand Anda untuk dilihat lebih banyak orang. objective ini biasanya ditargetkan oleh brand yang masih baru, atau brand Anda baru saja berganti nama. Tujuannya agar brand Anda menjadi lebih familiar di mata publik.
Traffic
Apabila Anda membutuhkan audiens untuk datang baik ke website, Online Shop atau Social Media brand Anda, objective ini bisa menjadi pilihan Anda. Anda juga bisa menggunakan objective ini untuk meningkatkan followers pada social media Anda, atau mengarahkan audiens ke laman tertentu yang sesuai dengan konten iklan Anda.
Engagement
Ketika Anda membutuhkan Audiens untuk berinteraksi dengan brand Anda, objective Engagement merupakan jawabannya. AI Facebook akan mencari audiens yang sesuai, yang akan melakukan interaksi, baik mengirim pesan, menekan likes, menuliskan komentar atau menonton video Anda. Objective ini cocok ketika pembelian brand Anda mengharuskan audiens untuk berinteraksi lewat pesan, seperti Pre-Order barang atau pemesanan jasa bersih-bersih ke rumah.
Leads
Objective ini dipilih ketika brand Anda memiliki bentuk bisnis subscription atau newsletter yang diperbarui tiap jangka waktu tertentu. Leads akan didapatkan melalui message, signups maupun telefon langsung.
App Promotion
Objective ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah Install Aplikasi maupun interaksi tertentu pada app Anda.
Sales
Apabila tujuan Anda adalah meningkatkan penjualan produk Anda, objective ini merupakan objective yang paling selaras dengan tujuan Anda. Anda bisa mengarahkan penjualan baik dari website maupun online shop. Selain penjualan, Anda juga bisa memilih tujuan lain seperti Add to Cart.
Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menemukan objective yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda? Memilih objective Facebook Ads yang tepat merupakan langkah fundamental dalam membangun strategi iklan yang efektif. Dengan memahami kategori objective, faktor penting, dan cara memilih objective yang sesuai, Anda dapat membuka gerbang menuju kesuksesan campaign Anda. Namun, apabila Anda masih kesusahan menemukan objective yang tepat, atau tidak memiliki waktu lebih untuk mengelola iklan Facebook Anda, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan agensi Jasa Facebook Ads. Dengan menggunakan agensi, Anda bisa lebih leluasa untuk mengelola bisnis Anda, dan menyerahkan pengelolaan iklan Anda kepada pihak profesional.