Salah satu game changing yang menjadikan Tiktok semakin besar adalah fitur live streaming yang memungkinkan audience untuk menonton live yang dipandu oleh host lalu mereka dapat membeli produk yang ditawarkan pada live tersebut. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik tersendiri karena ketika audience sedang menonton live, mereka dapat merasakan keterlibatan emosional hingga mendapatkan informasi produk yang lebih detail dari host live tersebut. Banyak aspek yang perlu diperhatikan untuk menjadikan live Anda menarik dan dapat mendatangkan sales. Pada pembahasan kali ini kita akan fokus membahas bagaimana cara iklan live Tiktok dan strategi yang bisa diterapkan untuk meningkatkan kinerja dari iklan live tiktok Anda.
Cara Iklan Live Tiktok
1. Hubungkan akun Tiktok Shop dengan akun iklan.
2. Buka Tiktok ads manager dan buat kampanye baru, pilih opsi lanjutan.
3. Pilih penjualan produk sebagai tujuan iklan dan Tiktok Shop sebagai sumber produk, lalu selesaikan pengaturan kampanyenya.
Gambar 1. Settings tujuan iklan
4. Pilih Live Shopping Ads serta pilih identitas (akun Tiktok) dan toko Anda.
Gambar 2. Settings tipe shop ads
5. Selesaikan pengaturan grup iklan dan mulai pengaturan iklan.
6. Pilih format iklan yang diinginkan.
Gambar 3. Settings detail iklan
– Video tunggal akan menampilkan video dari postingan Tiktok akun yang dipilih maupun video yang diupload ke ads manager sebagai cover dari iklan.
– LIVE real-time akan menampilkan live streaming sebagai cover iklan.
7. Lengkapi pengaturan iklan lainnya lalu klik “kirim” untuk mulai menjalankan iklan live Tiktok.
Strategi Optimasi Iklan Live Tiktok / Live Shopping Ads Tiktok
Budget
- Apabila Anda baru pertama kali menjalankan Live Shopping Ads atau LSA Tiktok, pastikan Anda memiliki budget iklan yang cukup. Sebagai permulaan Anda bisa memulai dengan budget minimum Rp200,000 untuk 1 campaign.
- Secara umum dibutuhkan 40 konversi per Tiktok Shop untuk keluar dari learning phase. Direkomendasikan untuk menganggarkan campaign budget sebesar 40x rataan CPA (biaya per konversi) untuk keluar dari dari learning phase.
- Hindari kekurangan budget akibat perbedaan total campaign budget dengan setting ad group budget untuk menghindari terganggunya iklan Anda.
Sebagai contoh: campaign budget 300rb, setting ad group budget A = 150rb, ad group budget B = 200rb. Dari sini anggaran ad group lebih besar dari campaign budget, hal ini dapat menimbulkan potensi salah satu iklan di suatu ad group mengalami ketidakstabilan penayangan. - Disarankan tidak mengubah budget ditengah live streaming berdurasi pendek (<2 jam), karena dapat mengganggu penayangan iklan.
- Scale up budget iklan pada momen high season (tanggal kembar, payday, seasonal event).
Content
- Eksperimen dengan format iklan (video tunggal/live real-time). Khusus untuk video tunggal Anda dapat mengeksplor berbagai tipe creative seperti video promosi, edukasi produk, informasi live streaming, dst.
- Eksperimen dengan host, gimmick, dan background. Pada poin host, penting untuk memakai jasa host yang dapat menghidupkan suasana live streaming. Tak jarang audience akan lebih tertarik pada live yang dipandu oleh host yang atraktif & menarik.
Target Audiens
- Pahami kategori produk Anda agar mengetahui target market dari produk Anda.
- Gunakan penargetan usia 18+.
- Disarankan memiliki ukuran audiens yang diperkirakan (ditunjukkan oleh parameter di kanan atas) yang minimal cukup luas. Audiens yang terlalu sempit dapat berakibat iklan Anda tidak terspending maksimal.
- Gunakan custom audience untuk menarget ulang user yang berinteraksi dengan akun/toko Anda ataupun target audiens serupa dengan custom audience Anda.
Cara membuat custom audience:
- Klik opsi Alat dibagian atas > audience manager > buat audiens.
- Pilih audiens khusus untuk menarget ulang atau audiens serupa (audiens serupa baru bisa dibuat ketika telah tersedia audiens khusus).
- Pilih opsi audiens khusus dan selesaikan settingan yang diperlukan > konfirmasi.
Waktu Tayang
Gambar 4. Ilustrasi waktu tayang
- Pastikan Live Shopping Ads Anda memiliki waktu mulai dan berakhir yang sama dengan waktu live streaming, sehingga iklan Anda akan mendapatkan penayangan maksimal.
- Durasi live streaming setidaknya berlangsung 2 jam. Durasi yang kurang dari itu dapat menyebabkan iklan under-delivery.
- Live streaming ketika libur atau hari spesial: Anda dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi dan koneksi secara langsung dengan audiens Anda, berbagi tradisi hari libur, atau hanya sekadar menyebarluaskan keceriaan hari raya. Tak jarang audiens juga berburu promo pada momen ini.
- Lakukan eksperimen waktu live streaming untuk menemukan waktu terbaik.
Tujuan Optimasi
- Gunakan gross revenue/purchase untuk memaksimalkan omset dan ROAS.
- Gunakan viewer retention untuk memaksimalkan trafik pada saat live streaming.
Setelah mengetahui cara iklan live Tiktok serta strategi optimasinya, Anda dapat menerapkannya pada bisnis. Tentu saja untuk mencapai hasil yang optimal diperlukan banyak testing hingga menemukan formula yang pas untuk brand Anda. Anda dapat membuat planing tes agar dapat memantau kinerja strategi yang sedang Anda coba. Jika Anda belum memiliki gambaran yang jelas terkait testing maupun strategi optimasi Tiktok ads, Anda juga dapat mencari penyedia jasa Tiktok ads yang terpercaya untuk membantu dalam hal ini.