Facebook dan Instagram seringkali menjadi target placement ads bagi pengusaha. Salah satu alasannya, tentunya jumlah pengguna kedua media sosial tersebut yang sangat besar di Indonesia. Dilansir dari we are social, Instagram dan Facebook merupakan aplikasi kedua dan ketiga yang paling banyak digunakan di Indonesia, dengan jumlah pengguna Instagram mencapai 85,3 juta sedangkan Facebook sebanyak 81,6 juta. Namun, placement ads manakah yang lebih efektif? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.
Sebelum menyiapkan konten untuk beriklan, tentunya Anda perlu mengetahui placement ads yang sesuai dengan market Anda. Kesesuaian placement ads ini akan sangat berpengaruh terhadap efektivitas iklan yang Anda jalankan. Penempatan yang tidak sesuai dan format iklan yang tidak tepat tentunya menjadi faktor penting yang akan mempengaruhi efektivitas iklan Anda. Lantas, ada placement apa saja yang bisa dipilih?
Mengenal Placement Facebook
Penempatan Iklan di Facebook
Ada banyak placement ads di Facebook yang bisa dipilih asalkan Anda bisa menyediakan format yang sesuai dengan kriteria penempatan iklannya. Berikut beberapa contoh penempatan iklan di Facebook yang sering digunakan:
- Facebook Feed: Iklan ini akan muncul di Feed halaman Facebook Anda. Umumnya ukuran konten yang dibutuhkan adalah rasio 1:1 dan 4:5.
- Facebook Video Feed: Video Feed akan muncul di beranda khusus video. Placement ads ini biasanya akan muncul diantara video organik. Umumnya konten yang digunakan harus berupa video dan dan rasio yang disarankan adalah 4:5
- Facebook Stories: Rasio yang disarankan untuk format Stories adalah 9:16 dikarenakan untuk stories tampilannya akan memenuhi layar ponsel Anda.
- Facebook Reels: Reels sendiri sebenarnya memiliki kemiripan dengan placement ads Facebook Stories. Namun, untuk penempatan ini memiliki safe zone yang lebih kecil dibandingkan Stories meskipun menggunakan rasio yang sama seperti Stories, yaitu 9:16.
Untuk placement ads di Stories dan Reels terdapat safe zone yang perlu diikuti oleh pengiklan. Jika pengiklan melanggar batasan safe zone yang ditentukan, konsekuensinya adalah iklan yang ditayangkan bisa saja terhalang sehingga pesan yang disampaikan hanya tampil sebagian.
Mengenal Pengguna Facebook
Dilansir dari databoks, pengguna Facebook di Indonesia didominasi dari rentang usia 18-24 tahun dengan estimasi 63,7 juta dan 25-34 dengan estimasi 61,3 juta. Berdasarkan persentase engagement yang didapatkan dengan jumlah jangkauan post, Reels menghasilkan engagement rate tertinggi dengan 15,16%, diikuti format image dengan 7,87% dan video dengan 7,04%. Dari jabaran data ini, ada kemungkinan audience Facebook lebih menyukai format Reels dibandingkan format konten lainnya.
Mengenal Placement Instagram
Penempatan Iklan di Instagram
Secara jumlah, placement ads di Instagram tidak sebanyak Facebook. Untuk placement ads yang sering digunakan tidak memiliki banyak perbedaan yang mencolok dengan Facebook.
- Instagram Feed: Iklan ini akan muncul di Feed Anda ketika membuka Instagram. Umumnya ukuran konten yang dibutuhkan adalah rasio 1:1 dan 4:5
- Instagram Stories: Placement ads ini muncul ketika Anda melihat Stories. Umumnya formatnya bisa berupa image dan video. Sebaiknya menggunakan rasio 9:16 dikarenakan untuk Stories tampilannya akan memenuhi layar handphone. Jika rasio yang digunakan kurang dari 9:16, iklan akan tetap bisa tayang namun akan ada tambahan warna background.
- Instagram Reels: Reels sendiri sebenarnya memiliki kemiripan dengan placement ads Instagram Stories. Rasio yang digunakan pun disarankan 9:16. Namun, perlu diingat juga dengan aturan safe zone seperti di placement Facebook.
Mengenal Pengguna Instagram
Indonesia berada di posisi keempat dengan pengguna Instagram terbesar di dunia. Dilansir dari we are social, pengguna Instagram menghabiskan waktu rata-rata sebanyak 16 jam 10 menit per bulannya. Instagram sendiri memiliki persentase jumlah engagement dengan jangkauan post yang terbilang lebih rendah dibandingkan Facebook. Data yang didapatkan untuk Instagram adalah format Reels menghasilkan engagement rate dengan 6,68%, diikuti format image dengan 7,35% dan carousel dengan 5,95%. Berdasarkan lampiran tersebut, ada kemungkinan audience Instagram lebih menyukai konten image dibandingkan format lainnya.
Advantage+ Placements
Jika Anda masih ragu terkait placement ads yang tepat untuk iklan Anda, Advantage+ placement bisa menjadi salah 1 opsi untuk Anda coba! Advantage+ placement merupakan fitur yang disediakan oleh Facebook bagi Anda yang masih tidak yakin placement ads mana yang tepat untuk iklan Anda. Advantage+ placement akan menargetkan semua placement seperti Facebook, Instagram, Messenger, dan juga Audience Network. Dengan menggunakan Advantage+ placement Anda tidak perlu mengkhawatirkan placement iklan Anda, karena fitur ini akan menyerahkan kepada machine learning Facebook untuk membagi budget Anda ke placement yang paling menghasilkan.
Walaupun Advantage+ placement membantu Anda menentukan placement yang tepat, namun Anda juga perlu untuk bisa menyediakan konten yang sesuai agar iklan Anda bisa menjadi semakin efektif. Jika Anda masih ragu untuk menentukan strategi placement ads dan konten yang tepat, Anda bisa menggunakan jasa iklan Facebook Ads untuk memaksimalkan iklan Anda.