Dalam beriklan di Google Ads, keyword jadi salah satu elemen penting yang tidak dapat dipisahkan. Ketika Anda membuat bid pada kata kunci untuk iklan PPC, Anda diharuskan memilih jenis pencocokan kata kunci, dan menggunakan phrase matching merupakan salah satunya.
Pencocokan keyword sangat berpengaruh terhadap iklan yang Anda munculkan saat keyword query tertentu dimasukkan oleh user di mesin pencari Google. Ada beberapa jenis pencocokan keyword yang disediakan oleh Google Ads, yaitu Broad Match, Phrase Match, Modified Broad Match, dan Exact Match.
Keempat jenis pencocokan keyword akan sangat mempengaruhi bagaimana iklan Anda dimunculkan.
Kali ini Pakar akan membahas lebih dalam mengenai apa itu phrase matching yang ada di Google Ads dan cara kerjanya. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.
Phrase Matching Dulu
Phrase matching atau pencocokan frasa merupakan jenis keyword match yang memungkinkan Anda menampilkan iklan pada pencarian yang menyertakan arti kata kunci Anda. Arti dari kata kunci sendiri bisa tersirat, dan hasil pencarian user dapat berupa bentuk makna yang lebih spesifik.
Hal ini memungkinkan Anda menjangkau lebih banyak penelusuran dibandingkan dengan exact match dan lebih sedikit pencarian dibandingkan broad match.
Sebelum Anda mengetahui cara kerjanya, phrase match ini merupakan perubahan nama dari broad match modifier (BMM). Perubahan ini terjadi pada Februari 2021 oleh Google di layanan iklannya Google Ads.
Namun, mulai Juli 2021, kata kunci broad match modifier dan phrase match mendapat perlakuan yang sama, serta diperbarui untuk semua bahasa. Selain itu, dalam penggunaannya juga akan menampilkan iklan pada mesin pencarian yang menyertakan arti kata kunci Anda.
Perubahan Phrase Matching
Perubahan phrase matching yang diperbarui yaitu dengan menyederhanakan jenis pencocokan dengan menggabungkan kontrol pencocokan frasa, dan jangkauan yang diperluas dengan menghentikan broad match modifier.
Phrase match yang baru lebih ekspansif daripada phrase match sebelumnya, dan sedikit lebih membatasi dari menghentikan broad match modifier.
Perubahan Broad Match Modifier
Sementara broad match modifier sebagai perilaku phrase matching terpisah tidak lagi tersedia. Perubahan ini berarti bahwa kata kunci BBM yang ada akan memiliki perilaku sama persis seperti phrase keyword dan Anda tidak dapat membuat kata kunci broad match modifier yang baru.
Lalu apakah perubahan ini akan mempengaruhi kata kunci gambar atau video? Pembaruan para phrase match tidak akan mempengaruhi phrase keyword display atau video.
Pada display network, semua kata kunci hanya dianggap sebagai broad match. Sedangkan pada video, termasuk penelusuran Youtube, pencarian kata kunci hanya menggunakan exact match, phrase match, dan broad match types.
Sejak Juli 2021, pengiklan tidak bisa lagi membuat kata kunci dengan notasi broad match modifier ke depannya. Pada kampanye video, sebaiknya menggunakan phrase matching apabila kata kunci disertakan dalam penelusuran pengguna.
Untuk memahami cara kerja dari phrase matching, Anda bisa mempertimbangkan skenario berikut:
Contohnya Anda menambahkan phrase matching “Layanan Pindahan LA ke Manggarai” sebagai kata kunci Anda. Dengan pencocokan frasa, iklan Anda mungkin akan tampil saat user menelusuri “Layanan Pindahan Terjangkau LA ke Manggarai” atau “Jasa Pindahan Perusahaan LA ke Manggarai”.
Urutan kata tidak akan mempengaruhi tampilan iklan Anda karena jelas bahwa arti kata kunci yang terkandung dalam pencarian adalah bahwa user membutuhkan layanan untuk pindah ke dan dari kota yang sama.
Akan tetapi, jika user menelusuri “Jasa Pindahan Manggarai ke Lenteng Agung”, maka phrase matching akan mengenali bahwa kata kunci tidak sesuai, sehingga iklan tidak akan ditampilkan.
Saat Anda menggunakan phrase matching, iklan Anda akan menjangkau audiens yang tepat tanpa membuat daftar kata kunci yang ekstensif.
Phrase Matching Terbaru
Sebagai digital marketer, Anda harus paham keyword seperti apa yang sesuai untuk kampanye iklan yang ingin dijalankan. Di Google Ads sendiri ada beberapa tipe keyword yang digunakan.
Keyword matching option adalah salah satu cara yang disediakan oleh Google untuk membantu dalam memilih kata kunci apa saja yang bisa memunculkan iklan Anda di mesin pencarian.
Dalam keyword match ada beberapa jenis yang dapat memaksimalkan kampanye digital marketing Anda, yaitu:
Broad Match
Broad match merupakan fitur pencocokan keyword standar yang ada di Google Ads. Broad match ini memungkinkan iklan PPC Anda akan muncul saat pengguna memasukkan setiap kata yang ada dalam keyword iklan Anda.
Contohnya, jika Anda memasang bid pada kata kunci “laptop canggih”, maka iklan Anda akan muncul saat pengguna mengetikkan keyword query “laptop canggih”, smartphone canggih”, “laptop terbaru”, dan lain-lain.
Namun, kekurangan dari broad match ini yaitu kemungkinan iklan Anda akan muncul pada pencarian yang tidak sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Phrase Match
Phrase matching adalah jenis kata kunci yang memungkinkan sebuah iklan muncul ketika query di mesin pencarian mengandung kata kunci yang Anda bid. Phrase match membutuhkan tambahan kutip pada setiap kata kunci.
Sebagai contoh, Anda memiliki kata kunci “sepatu bot koboi cokelat”. maka iklan tersebut juga kemungkinan besar bisa muncul ketika pengguna mengetik keyword “sepatu bot koboi cokelat murah” di mesin pencarian.
Dengan menggunakan jenis phrase match, iklan Anda juga akan muncul di mesin pencarian yang berisi frasa seperti “beli sepatu bot koboi cokelat” dan “sepatu bot koboi kulit cokelat”.
Mesin pencari Google juga akan mencocokkan kata kunci berdasarkan makna menggunakan algoritma. Menggunakan kata kunci phrase match berarti mempersempit jumlah pengguna yang muncul untuk iklan Anda.
Hal ini akan dapat membantu atau menghambat kampanye iklan PPC Anda, tergantung pada kata kunci yang ditargetkan dan target kampanye Anda.
Exact Match
Exact match bisa dibilang sebagai pencocokan keyword paling spesifik. Dengan exact match, iklan Anda akan muncul jika pengguna mengetikkan keyword query yang mirip dengan keyword yang Anda bid.
Contohnya, Anda bid keyword “tas camping” maka iklan Anda akan muncul bila pengguna mengetikkan kata kunci “tas untuk camping”. Sebab, keyword query tersebut mengandung kata implikasi tas dan camping.
Berhati-hati Terhadap Close Variant
Close variant memungkinkan kata kunci untuk dicocokkan dengan penelusuran yang mirip, tetapi tidak identik dengan kata kunci yang ditargetkan. Selain itu, apapun jenis pencocokan yang Anda gunakan, close varian mengubah apa sebenarnya kata kunci Anda dan memberikan platform iklan kelonggaran yang signifikan dalam cara mereka mencocokkan kata kunci dengan query penelusuran.
Bayangkan close variant sebagai cara yang diizinkan oleh Google untuk mengubah kata kunci Anda. Apa yang mungkin terlihat seperti satu kata kunci di grup iklan Anda sebenarnya berpotensi menjadi ratusan kata kunci yang mirip. Anda mungkin tidak melihatnya, tetapi semua itu siap menayangkan iklan Anda.
Umumnya, semua jenis pencocokan kata kunci memenuhi syarat untuk dicocokkan dengan close variant. Untungnya, hal ini bukan rahasia lagi bagaimana Google menghadirkan semua variasi ini.
Berikut ini contoh cara kerja pencocokan kata kunci close variant yang terdokumentasi di Google Ads:
Close Variant Manipulation | Keyword | Matched Query |
Misspelling | Optmyzr | Optmyzer |
Plural / Singular | Keyword tool | Keyword tools |
Stemming | Ad management | Ad manager |
Abbreviation | Pay per click | PPC |
Accents | Resume | Resume |
Word order (dengan arti yang sama) | Conversion tracking | Tracking conversion |
Function words | Pricing for optmyzr | Pricing optmyzr |
Implied words | RSA ads | RSA |
Synonym | Query tool | Search terms tool |
Paraphrase | PPC tool | What is good PPC tool I can buy |
Some intent | Optimize shopping ads | PLA management tool |
Dari ketiga keyword matching diatas yang terdiri dari broad match, phrase matching, dan exact match bisa diterapkan dengan memperhitungkan melalui berbagai kondisi. Penerapannya sangat berkaitan dengan intensitas hasil penelusuran dan juga biaya yang Anda miliki.